get app
inews
Aa Read Next : Ratusan GTT dan PTT Terima SK dari Pemkot Pekalongan

Wakil Walikota Pekalongan Ajak Generasi Muda Terlibat dalam Pemajuan Pendidikan di Kota Pekalongan

Jum'at, 13 Mei 2022 | 17:01 WIB
header img
Wakil Walikota Pekalongan, Salahudin, saat memberikan sambutan dalam Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang digelar di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kota Pekalongan, Jumat (13/5/2022).

PEKALONGAN, iNews.id – Peran generasi muda dalam memajukan pendidikan di Kota Pekalongan masih perlu ditingkatkan. Sejak pembelajaran daring diberlakukan, arah pembelajaran mengalami pergeseran dan perubahan yang sangat signifikan. Perlu upaya serius dari semua elemen masyarakat, khususnya generasi muda.

Hal itu ditegaskan Wakil Walikota Pekalongan, Salahudin saat menghadiri peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diselenggarakan di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kota Pekalongan, Jumat (13/5/2022). Di hadapan perwakilan Aparatur Sipil Negara, tenaga pendidik, serta pelajar, Wakil Walikota Pekalongan mengatakan, selain diperingati sebagai penghormatan atas jasa dan perjuangan Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara, peringatan Hardiknas seharusnya menjadi refleksi terhadap pelaksanaan pendidikan saat ini.

Dikatakannya, konsep merdeka belajar telah memberi peluang besar bagi upaya pembaruan sistem pendidikan yang selama ini dilaksanakan. Konsep ini, menurutnya, menghendaki arah pembelajaran ditujukan pada pemenuhan kebutuhan siswa. Pendidikan, dengan demikian, mesti dilaksanakan dengan mengedepankan upaya untuk mengenali dan menggali potensi siswa. Melalui cara itu, pendidikan diarahkan pula pada upaya menjadikan potensi tersebut sebagai bekal hidupnya kelak. Diharapkan pula, metode tersebut dapat mendukung usaha untuk membangun karakter yang kuat.

Selain itu, Salahudin juga menyoroti pemanfaatan teknologi yang akhir-akhir ini menjadi kebutuhan di dalam pelaksanaan pendidikan. Ia meminta, agar di dalam melaksanakan tugas pendidikan, semua pihak dapat mengarahkan dengan benar pemanfaatan teknologi ini dengan positif. Bahkan, sebisa mungkin diarahkan pada upaya penguasaan teknologi, khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan literasi digital.

“Merdeka belajar bukan hanya sekedar pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif saja tetapi kita juga harus menguasai kompetensi dan literasi digital,” tandas Salahudin. 

Salahudin menambahkan, wabah pandemi yang terjadi selama 2 tahun ini sangat mempengaruhi eksistensi segala bidang, tak terkecuali pendidikan. Oleh sebab itu, dengan kondisi pandemi yang sudah sangat melandai ini, ia mengajak generasi muda untuk dapat bangkit untuk mewujudkan kemerdekaan belajar dan turut berkontribusi untuk Pemkot Pekalongan.

“Pada momen ini, ayo generasi muda tingkatkan kepercayaan diri, keberanian, jiwa nasionalisme, pantang menyerah, dengan ilmu yang dimiliki, saya harap generasi muda bisa ikut berkontribusi di masyarakat,” pungkasnya.

Editor : Ribut Achwandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut