get app
inews
Aa Read Next : 81 Jamaah Umroh Noor Alia Pekalongan Siap Berangkat Ke Tanah Suci

Jangan Takut Beser, Jamaah Haji Indonesia Dihimbau Perbanyak Minum Air

Kamis, 09 Juni 2022 | 14:43 WIB
header img
Ibadah Haji (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Selama pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi tahun ini cuaca panas di Arab Saudi bisa mencapai 50 derajat celcius, ditambah dengan kelembaban iklim yang hanya 4%. Jamaah haji Indonesia diminta Perbanyak minum air putih dan jangan takut beser.

Istilah beser adalah sebentar-sebentar kencing. Jamaah haji beranggapan akan selalu beser jika banyak minum. Hal ini tidak terlepas dari imbauan pemerintah agar seluruh jamaah haji Indonesia perbanyak minum air agar tidak dehidrasi.

"Jangan khawatir beser, enggak akan beser di sana karena penguapan ini tidak terasa. Jadi banyak-banyak minum lah," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Budi Sylvana di Asrama Haji Pondok Gede, Rabu (8/6/2022) malam.

Untuk itu, dibutuhkan peran serta tugas petugas haji yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi untuk menyampaikan ke jamaah haji untuk perbanyak minum air hingga jangan takut beser.

"Di Saudi, suhunya ekstrem panas 45 derajat celcius. Saya ukur pakai jam tangan saya, pas saya coba di Armuzna suhunya 56 derajat celcius, itu saya pakai jam bisa saja belum tentu benar," katanya.

Meski demikian, iklim di Arab Saudi berbeda jauh dengan di Indonesia. Selain panas, juga ada faktor kelembaban udara. Di Jakarta kelembaban udara sekira 91%, sementara di Arab Saudi 4%.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut