get app
inews
Aa Read Next : 80 Persen Kuota PPPK Tahun 2023 Prioritas untuk Guru dan Tenaga Kesehatan

Yang Siap Jadi Tenaga PPPK, Yuk Simak Info Ini!

Selasa, 14 Juni 2022 | 09:43 WIB
header img
Ilustrasi

PEKALONGAN, iNewspantura.id – Anda masih membutuhkan pekerjaan? Ingin berperan aktif dalam pengelolaan pemerintahan? Kalau iya, ada angin segar untuk Anda. Sebab, saat ini Pemerintah Kota Pekalongan tengah melakukan inventarisasi data kebutuhan formasi untuk perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) baik tenaga kesehatan, guru, maupun formasi tenaga teknis lainnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Anita Heru Kusumorini menjelaskan, inventasisasi tersebut dilakukan untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu sejumlah lembaga kementerian mengadakan pembukaan perekrutan PPPK. “Kami masih melakukan proses inventarisasi data antara lain dari tenaga kesehatan berapa kebutuhannya, potensi yang ada di kita berapa, dan dari tenaga pemadam kebakaran , mungkin di waktu-waktu dekat ini dari kementerian lainnya terkait dengan PPPK yang mungkin diadakan, atau bisa jadi tenaga Satpol PP nya juga atau tenaga fungsional,” ucap Anita.

Meski begitu, ia belum bisa memastikan kapan jadwal pembukaan rekrutmen tersebut. Sampai saat ini, pihaknya masih menunggu informasi mengenai jadwal pelaksanaan rekrutmen PPPK dari Kemenpan-RB RI. Sementara menunggu kepastian, Pemkot Pekalongan perlu pula melakukan penataan formasi dan kebutuhan pegawai PPPK yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Sebab menurutnya, diperlukan keseimbangan anggaran pembangunan daerah maupun belanja pegawai.

“Meskipun sebenarnya butuh banyak tetapi daerahnya tidak mampu menggaji akan percuma. Nantinya akan kasihan mereka dan daerahnya juga tidak bisa membangun, karena anggarannya banyak untuk menggaji pegawai. Jadi, memang harus ada keseimbangan antara anggaran pembangunan maupun belanja pegawai. Kami masih menata lagi kebutuhannya, apakah masih ada geser-geser yang usulan 25 formasi kemarin, yang sudah masuk formasi usulan ternyata bisa jadi belum prioritas mungkin masih ditunda tahun depan lagi atau seperti apa,” tandasnya.

Editor : Ribut Achwandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut