Kisah Sukses Erick Thohir, Mulai Binis Kelas 3 SD hingga Beli Inter Milan dan Jadi Menteri BUMN

Fatimatus Zahro
Erick Thohir saat menerima inews Award Tahun 2021 . Foto:iNews

"Sebagai pengusaha, saya pernah melepas aset pribadi saya. Waktu itu kebetulan koleksi mobil tua (mercy) kita lepas, koleksi lukisan kita lepas. Ada tanah kita lepas, ada tabungan kita cairkan," ujar Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah ini.

Dengan tekad yang kuat dan kerja keras, dia berhasil tumbuh dan mengembangkan bisnisnya. Kini Mahaka Media menjadi perusahaan besar dan merupakan induk dari beberapa perusahaan media dan entertainment, mulai dari radio channel, media online dan offline, media olahraga, manajemen creators, rumah produksi kreatif hingga Web3 dan NFT.

Pada pertengahan tahun ini, Mahaka Media melakukan rebranding dengan mengubah nama menjadi Mahaka X. Erick yang juga menyukai dan aktif di dunia olah raga, pun berinvestasi di bidang ini.

Dia merupakan pendiri dan pemiliki klub basket Satria Muda. Dia juga membeli saham NBA Philadelphia 76ers. Tak cuma itu, dia juga membeli saham klub MLS DC United dan membeli Inter Milan pada 2013 bersama dengan Rosan Roeslani dan Handi Soetedjo.

Namun dia melepas kepemilikan sahamnya di klub bola asal Italia itu tiga tahun kemudian. Sepak terjangnya di dunia olah raga membuatnya dipercaya menjadi Ketua Panitia Asian Games 2018 Jakarta. Dia menjadi salah satu tokoh di balik kesuksesan gelaran tersebut. Berkat kegigihan dan kepiawaiannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuknya menjadi Menteri BUMN. Erick ditunjuk jadi orang nomor satu di Kementerian BUMN sejak 23 Oktober 2019 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 113/P Tahun 2019 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024. Itulah kisah sukses Erick Thohir menjadi pengusaha hingga Menteri BUMN. Semoga menginspirasi Anda.

 

artikel ini sudah dimuat dan tayang di inews , klik dan baca https://www.inews.id/finance/bisnis/kisah-sukses-erick-thohir-jadi-pengusaha-hingga-menteri-bumn-mulai-bisnis-usia-9-tahun

 

Editor : Muhammad Burhan

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network