Mau Investasi legal Via Aplikasi? Kenali Inklusi Keuangan agar Paham, Punya dan Tahu.

Nanang Sulaeman
Ilustrasi (Foto: Pinterest)

Tingginya minat masyarakat berinvestasi di Patform Fintech namun minim edukasi, melatarbelakangi Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk gencar mensosialisaikan program 3P (Paham, Punya, Pantau).

Direktur BEI Laksono Widodo mengatakan, salah satu edukasi pasar investasi yang tengah digalakkan pihak BEI adalah 3P yaitu Paham, Punya, Pantau.

"Dalam hal berinvestasi, investor sendirilah yang bertanggung jawab atas keputusan investasinya. Sehingga, kami menganjurkan agar kalian menjadi investor yang cerdas dengan dengan 3P: Paham, Punya, Pantau," ujar Laksono di Jakarta, dikutip Rabu (2/3/2022).

investasi adalah sebuah kegiatan dengan orientasi jangka panjang, sehingga perlu pantau berita dan informasi terkini karena akan sangat berguna untuk memperkaya analisis.

Berikut ini referensi jenis aplikasi investasi yang legal atau terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan untuk pemula:

1. E-mas
Menurut survei DSResearch bertajuk Fintech Report 2020 'Maintaining Growth during Pandemic', E-mas menempati peringkat kedua used platform terbanyak.

Aplikasi E-mas sendiri mirip dengan platform Tanamduit yang mengakomodasi investasi reksa dana, surat berharga negara (SBN), hingga asuransi daring, dan saham online.

2. Tanamduit
Tanamduit menyediakan beragam pilihan instrumen investasi, mulai dari reksa dana, surat berharga negara (SBN) hingga asuransi daring seperti asuransi kesehatan dan asuransi ponsel pintar.

Menariknya, pada aplikasi Tanamduit juga menyediakan konten edukasi. Sehingga para investor pemula bisa lebih paham.

3. Bibit
Aplikasi Bibit terkenal mudah digunakan. Selain keunggulan itu aplikasi Bibit juga memiliki fitur AI bernama Robo Advisor.

Fitur tersebut bisa memberikan rekomendasi dan menyesuaikan pola investasi berdasarkan umur, penghasilkan, level risiko, dan target tujuan hidup sang investor.

4. Bareksa
Aplikasi ini menyediakan pilihan investasi lain seperti obligasi. Pada aplikasi ini, sebelum investor pemula membeli produk investasi yang ada, Bareksa akan melakukan simulasi pergerakan dana untuk setiap produk terkait. Jadi, investor pemula pun bisa memperkirakan untung-rugi yang akan didapatkan.

5. Ajaib
Terakhir, Ajaib. Aplikasi ini cocok untuk investor pemula. Karena, di Ajaib cukup memulai dengan Rp10.000. Adapun produk yang ditawarkan meliputi saham dan reksa dana.

Di dalam aplikasi ini, investor pemula akan dipandu serta diberikan rekomendasi produk apa yang sesuai dan paling menguntungkan bagi kondisi keuangan Anda.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network