Bacaan  takbiran Idul Fitri 1443H /2022 M  lengkap Panjang dan pendek Arab, latin, dan terjemahan

Nanang Sulaeman
Bacaan Takbiran lengkap Idul fitri


Takbir Panjang

اللّه أكْبَرُ كَبيراً، والحَمْدُ لِلَّهِ كَثيراً، وَسُبْحانَ اللَّهِ بُكْرَةً وأصِيلاً، لا إِلهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَلا نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدينَ وَلَوْ كَرِهَ الكافِرُون، لا إِلهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ، صَدَقَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَهَزَمَ الأحْزَابَ وَحْدَهُ، لا إِلهَ إِلاَّ اللّه واللَّهُ أكْبَرُ

Allahu akbar kabira, wal hamdulillahi katsira, wa subhanallahi bukrataw wa ashila, la ilaha illallah, wa la na’budu iyyahu mukhlisina lahud din, wa law karihal kafirun, la ilaha illlallah wahdah, shadaqa wa’dah, wa nashara ‘abdah, wa hazamal ahzab wahdah, la ilaha illallah wallahu akbar.

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tidak ada Tuhan melainkan Allah, dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah, Allah Maha Besar dan aku mengangungkan Allah dengan besar-besar keagungan. Dan segala puji bagi Allah dan kami memuji Allah sebanyak-banyaknya. Maha suci Allah pada pagi dan petang, tidak ada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang kami sembah kecuali hanya Allah, dengan ikhlas kami beragama kepadanya, walaupun orang-orang kafir membenci. Tidak ada Tuhan melainkan Allah sendirinya, benar janjinya, dan dia menolong hambanya, dan dia mengusir musuh nabinya dengan sendirinya, tidak ada Tuhan melainkan Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan baginya segala puji."


Muhammad bin Qasim Al Ghazi mengatakan, "Disunahkan takbir bagi laki-laki dan perempuan, musafir, baik yang sedang di rumah, di jalan, masjid ataupun sedang di pasar. Dimulai dari terbenanmya matahari pada malam hari raya berlanjut sampai Sholat Idul Fitri."


Bagi umat Islam yang melantunkan takbir pada malam tersebut maka akan melunturkan dosa-dosa yang telah diperbuat. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

وقال النّبيّ صلّى الله عليه وسلّم اكثروا من التّكبير ليلة العيدين فإنّه يهدم الذّنوب هدما

Artinya: "Perbanyaklah membaca takbiran pada malam hari raya (Fitri dan Adha) karena hal tersebut dapat melebur dosa-dosa.

Editor : Hadi Widodo

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network