get app
inews
Aa Read Next : Semifinal Piala Dunia U-20: Korsel Tantang Italia, Uruguay Hadapi Israel

4 Negara ini Merasakan Kejamnya Penjajahan Jepang

Selasa, 21 Juni 2022 | 12:35 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Sindonews)

JAKARTA - Sejumlah negera di dunia telah mengalami penjajahan sadis yang dilakukan oleh pemerintahan Jepang di masa lampau.

Jepang merupakan salah satu negara yang berpartisipasi secara aktif pada Perang Dunia II. Keadaan ini tentu memaksa Jepang untuk mencari sumber daya alam dan sumber daya manusia guna mendukung peperangan. Untuk merealisasikannya, Jepang turut menjajah beberapa negara.

Berikut adalah negara yang pernah dijajah Jepang, sebagaimana dikutip Okezone (21/6/2022):

1. Indonesia

Kendati sebentar, pendudukan Jepang di Indonesia disebut sebagai salah salah satu yang paling kejam. Jepang menjajah Indonesia selama tahun 1942-1945. Setelah resmi menduduki Indonesia sejak 8 Maret 1942, Jepang langsung menyusun pemerintahan guna melancarkan pendudukan selama di Indonesia. Beragam propaganda yang dilancarkan Jepang adalah Gerakan 3A, pembentukan organisasi seperti Pembela Tanah Air (PETA), Keibodan, Seinendan, dan lain-lain.

Masa penjajahan Jepang di Indonesia berakhir ketika Sekutu menjatuhkan bom di Hiroshima dan Nagasaki di tahun 1945. Setelahnya, Jepang menyerah terhadap Sekutu dan Indonesia segera mendeklarasikan kemerdekaan.

2. China

China juga termasuk salah satu negara yang pernah dijajah Jepang. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1931-1945. Pendudukan Jepang di China berakhir ketika Perang Dunia II pada Agustus 1945. Invasi Jepang ke China ini dimulai dengan masuknya Jepang ke wilayah Manchuria. Di Manchuria, Jepang mendirikan negara boneka yang bernama Manchukuo selama enam bulan. Jepang mengerahkan pasukan secara massal sehari usai Insiden Mukben.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut