get app
inews
Aa Read Next : 13 Negara Ini Larang Penggunaan Aplikasi TikTok

6 Negara ini Miliki Waktu Siang Terpanjang di Dunia, Nomor 4 Selama 24 Jam

Kamis, 23 Juni 2022 | 12:36 WIB
header img
Berikut ini adalah beberapa negara yang memiliki waktu siang terpanjang (Foto: Okezone)

DI INDONESIA, pembagian siang dan malam tersebut terbagi seimbang masing-masing selama 12 jam. Namun, di beberapa negara tertentu, saat malam pun matahari tetap bersinar terang. Fenomena ini disebut sebagai Midnight Sun, di mana matahari terbit selama 24 jam, nyaris tak ada malam hari. Biasanya, ini terjadi di negara-negara di Lingkar Artktik dan Antartika.

Berikut ini adalah beberapa negara yang memiliki waktu siang terpanjang dikutip dari Okezone (22/6/2022):

1. Finlandia

Sama seperti Islandia, Finlandia juga termasuk negara Nordik yang berada di lingkar kutub. Di musim panas, durasinya berlangsung selama 24 jam. Namun ketika menemui jam malam, langitnya akan terlihat seperti sore hari dengan keadaan yang agak gelap.

2. Swedia

Di Swedia, ketika musim panas masyarakatnya akan mengalami durasi siang yang lama. Salah satunya di Kota Lulea, mereka mengalami 23 jam musim panas dan hanya 30 menit saja malam harinya. Penduduk Lulea akan mematikan lampu rumah selama lebih dari 30 menit agar terkesan hari sudah malam.

3. Greenland

Greenland berada di benua Amerika Utara, namun letaknya ada di antara Samudra Arktik dan Atlantik sehingga kebagian fenomena Midnight Sun. Bahkan durasinya jauh lebih lama.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut