get app
inews
Aa Read Next : Ramadhan, Pengelola Usaha Pariwisata agar Menyesuaikan

3 Recommendasi Wisata Halal di Indonesia yang Menarik untuk Dijelajahi, Ada Pulau Seribu Masjid

Minggu, 26 Juni 2022 | 07:26 WIB
header img
3 Recommendasi Wisata Halal di Indonesia yang Menarik untuk Dijelajahi, Ada Pulau Seribu Masjid (Foto: Antara)

INDONESIA memang kaya budaya serta terkenal dengan surganya aneka ragam wisata alam indah yang tak bosan untuk dijelajahi, salah satunya destinasi wisata halal yang terus dipromosikan pemerintah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyusun kebijakan terkait pariwisata halal yang menekankan pada tambahan layanan (extensional service) yang disediakan oleh pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif merespons besarnya potensi wisata halal (ramah muslim) di Indonesia.

"Karena selain dari destinasi unggulan seperti Sumatera Barat, Aceh, dan beberapa destinasi lainnya di Jawa Barat dan Kalimantan Selatan, ada juga seperti Madura yang ingin mengembangkan destinasi pariwisata halalnya," katanya dalam Weekly Press Briefing secara virtual Senin, 20 Juni 2022.

Di antara wilayah yang direkomendasikan untuk jadi tujuan wisata halal di Indonesia, berikut ini adalah tiga di antaranya seperti dikutip dari Okezone:

1. Aceh

Dijuluki denga Serambi Makkah, Aceh masuk dalam kawasan destinasi wisata halal di Indonesia. Menurut versi Kementerian Pariwisata, Aceh dinobatkan menjadi Destinasi Budaya Ramah Wisata Muslim terbaik. Sedangkan Ibu Kota provinsi Nanggroe Aceh Darussalam lebih dulu didapuk sebagai World Islamic Tourism 2014.

Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

(Foto: Okezone.com/Salman Mardira)

Ikon utama dari daerah ini adalah Masjid Baiturrahman. Meski pernah menjadi korban sapuan tsunami, tapi masjid satu ini masih tetap kokoh berdiri. Hingga kini masjid tersebut jadi salah satu tujuan utama bagi para wisatawan yang sedang melancong ke Aceh.

2. Lombok

Tetangga dari Pulau Dewata Bali ini ternyata sudah jadi destinasi wisata halal yang bisa Anda kunjungi. Potensi alamnya yang begitu cantik memesona. Bagi para wisatawan, bisa mencoba snorkeling menjelajahi hamparan trumbu karang yang indah.

Masjid Raya Mataram, Lombok

(Foto: Instagram/@nayukarif)

Pulau yang terletak di bagian Timur Indonesia ini pun dikenal dengan Pulau Seribu Masjid. Jadi bagi Anda yang sedang plesiran ke Lombok tidak perlu khawatir mencari tempat untuk salat. Penduduknya pun mayoritas beragama Islam, jadi segala macam kuliner yang dijajakan sudah terjamin kehalalannya.

Selain itu, Pulau Lombok juga telah memboyong berbagai macam penghargaan, loh. Seperti WorldBest Halal Honeymoon 2015, World Best Halal Tourism Destination dan Wisata Halal Indonesia 2016.

3. Sumatera Barat

Kemudian ada di Sumatera Barat. Jika diingat yang paling berkesan dari daerah ini adalah masakannya yang luar biasa lezatnya, misalnya nasi kapau. Restoran Padang pun tersebar di seluruh penjuru Nusantara.

Potensi wisata halal di daerah ini juga sangat kuat. Penduduknya mayoritas adalah Muslim dan sudah pasti sesuatu yang ditawarkan terjamin kehalalannya.

Selain itu, Sumatera Barat menjadi salah satu destinasi wisata halal terbaik dunia 2019 yang ditetapkan oleh Global Muslim Travel Index (GMTI).

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut