get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik! BLT Sembako dan Bansos PKH Sudah Cair

10 Macam Oleh-oleh Khas Nganjuk, Kerupuk ini Paling Populer Lho!

Minggu, 03 Juli 2022 | 09:32 WIB
header img
10 Macam Oleh-oleh Khas Nganjuk, Kerupuk ini Paling Populer Lho! (Foto: Okezone)

KABUPATEN Nganjuk, Jawa Timur  memiliki beragam pesona wisata hingga kuliner khas yang biasa dijadikan buah tangan yang bisa dibawa pulang saat berkunjung ke Nganjuk.

Penasaran apa saja oleh-oleh khas Nganjuk yang paling populer di mata wisatawan? Berikut rekomendasinya sebagaimana dikutip dari Okezone (2/7/2022):

1. Kerupuk Upil

Jika Anda penikmat kerupuk, oleh-oleh khas Nganjuk ini bisa jadi pilihan untuk dibawa sebagai buah tangan. Daerah yang dijuluki Kota Angin ini mempunyai kerupuk yang wajib dicicipi. Menariknya, ukurannya yang kecil dan cara pengolahannya menjadi daya tarik kerupuk khas Nganjuk ini.

Umumnya kerupuk digoreng memakai minyak, tapi kerupuk Upil ini hanya menggunakan pasir. Pasir digunakan untuk menggoreng kerupuk tersebut. Meskipun menggunakan pasir, tapi rasanya tak kalah gurih dan enak.

 ilustrasi

10 oleh-oleh khas Nganjuk yang paling populer termasuk kerupuk

2. Dumbleng

Selanjutnya adalah dumbleng. Merupakan makanan khas Nganjuk ini berbahan dasar tepung beras. Kemudian diolah bersama dengan santan, gula merah, dan gula pasir.

Setelah semua bahan tersebut menjadi adonan, maka adonan dumbleng akan dimasukkan ke dalam pelepah pinang. Sebelum adonan tersebut dimasukkan, bagian pinggir pelepah pinang akan dijahit dulu dengan tali rafia.

3. Onde-onde Ketawa

Salah satu oleh oleh khas Nganjuk yang tak boleh Anda lewatkan adalah onde-onde ketawa. Meskipun namanya cukup unik, namun saat memakannya Anda bukan berarti langsung tertawa.

Teksturnya renyah serta rasa yang manis dan gurih. Disebut onde-onde ketawa karena bentuknya yang mirip dengan gestur ketawa manusia. Onde-onde yang satu ini dibuat menggunakan berbagai bahan seperti tepung terigu, baking powder, soda kue, gula pasir, telur, dan juga wijen

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut