get app
inews
Aa Read Next : Kendalikan Banjir,  DPUPR Lakukan Penataan Drainase

Waduk Jebol, 5 Desa di Gresik Terendam Banjir

Sabtu, 09 Juli 2022 | 00:13 WIB
header img
Waduk Jebol, 5 Desa di Gresik Terendam Banjir (Foto: Okezone)

GRESIK - Akibat tanggul Waduk Wotan jebol pada 6 Juli 2022 yang lalu, ebanyak lima desa di wilayah Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur terendam banjir.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan lima desa yang terdampak antara lain Desa Sukorejo dan Gedangan di Kecamatan Sidayu, kemudian Desa Petung, Wotan dan Dalegan di Kecamatan Panceng.

Total sebanyak 447 Kepala Keluarga (KK), 447 unit rumah, 4 unit fasilitas umum, 116 hektar sawah dan 6,2 hektar tambak terdampak banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) bervariasi mulai 10 hingga 70 sentimeter.

"Banjir dipicu hujan dengan intensitas curah hujan tinggi di wilayah Kecamatan Sidayu dan Panceng yang menyebabkan debit air Waduk Wotan mengalami peningkatan dan jebol hingga air menggenangi jalan desa serta pemukiman warga di sekitar lokasi waduk," ujar Abdul Muhari, Jumat (8/7/2022).

Petugas gabungan setempat kata Abdul Muhari bergotong royong membuat tanggul mandiri serta mendirikan tenda dapur umum di Balai Desa Petung.

Petugas juga membantu untuk menyelamatkan dan evakuasi hewan ternak warga.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut