get app
inews
Aa Read Next : Menggugah Selera! Cobain Yuk 5 Kuliner Khas Qatar yang bikin Laper

Singapura Jadi Negara Terkaya Ketiga Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Minggu, 31 Juli 2022 | 15:37 WIB
header img
Singapura Jadi Negara Terkaya Ketiga Dunia, Indonesia Urutan Berapa? (Foto: IDXChannel)

3. Singapura

Singapura, negara dengan ekonomi paling baik di Asia Tenggara, juga masuk dalam daftar negara terkaya di dunia. Global Finance mencatat, PDB negara ini adalah USD107.677 dan cukup baik. Singapura berhasil menjadi pusat manufaktur, perdagangan, dan keuangan yang sangat berkembang pesat. Pemerintah negara ini dikenal sangat ulet dalam memberantas buta huruf, menaikkan tingkat ekonomi masyarakat, dan meningkatkan pendidikan warganya sejak merdeka di tahun 1965. Buah kerja keras itu terlihat beberapa puluh tahun kemudian, ketika Singapura menjadi negara ke-3 terkaya di dunia.

Pada 2020, Singapura mengalami dampak signifikan akibat ledakan Covid-19. Ekonomi Singapura anjlok hingga 5,4% dan menempatkannya dalam resesi besar untuk bertama kalinya dalam 10 tahun terakhir.

4. Qatar

Negara terkaya selanjutnya adalah Qatar dengan jumlah PDB USD100.037. Qatar sendiri merupakan negara yang terletak di semenjanjung kecil Jazirah Arab. Melansir Sindonews, Qatar mengandalkan pasokan minyak untuk ekonominya. Minyak bumi di Qatar ditemukan pada 1939 dan mulai memproduksi minyak serta gas alam 10 tahun kemudian.

Layaknya negara-negara lain di dunia, pandemi Covid-19 yang menerjang turut mempengaruhi perekonomian nasional. Akan tetapi, kondisi ekonomi Qatar kembali tumbuh di tahun 2021 sebesar 2% dan diproyeksikan terus meningkat.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut