Logo Network
Network

6 Oleh-Oleh Khas Pemalang Paling Yummy yang Wajib Dibawa Pulang

Khila Rahma Wardani
.
Rabu, 03 November 2021 | 21:51 WIB
6 Oleh-Oleh Khas Pemalang Paling Yummy yang Wajib Dibawa Pulang
Kue apem Comal salah satu oleh-oleh khas Pemalang paling yummy. (Foto: ist)

PEMALANG, iNews.id – Ada 6 oleh-oleh khas di Pemalang Jawa Tengah paling yummy yang wajib dibawa pulang saat Anda berkunjung ke daerah di kawasan pantura barat Jateng ini.

Oleh-oleh khas Pemalang ini memiliki keunikan di antaranya kue apem, ogel-ogel, dan kamir.

Karena itu, jangan sampai dilewatkan jika sedang mampir atau jalan-jalan ke Pemalang untuk membawa oleh-oleh khas tersebut.

Berikut daftar 6 oleh-oleh khas Pemalang Jawa Tengah yang bisa dijadikan buah tangan.

1. Apem Comal

Apem berasal dari kata afwan yang mempunyai arti saling memaafkan dan memberi kekuatan antar sesama umat manusia. Apem sering kali disajikan pada saat momen Lebaran.

Comal adalah nama daerah di Kabupaten Pemalang yang dulunya menjadi sektor kue apem. Sebenarnya para pembuat apem kebanyakan dari daerah Kesesi yang kemudian dipasarkan di Comal karena tempatnya yang strategis. 

Sekarang apem bisa Anda temukan di berbagai daerah Pemalang. Kudapan yang terbuat dari tepung beras, santan dan gula merah, memiliki rasa manis agak asam. Karena sebelum dituangkan di atas daun pisang adonan didiamkan semalaman.  Harga dari kue apem juga tergolong murah hanya sekitar Rp1.000 sampai Rp2.000 per potong.

2. Kamir

Makanan yang hampir mirip dengan dorayaki ini, konon pertama kali dibuat oleh seorang warga yang bermukim di daerah Mulyoharjo yang dikenal sebagai Kampung Arab. Maka tak jarang banyak warga setempat menyebutnya dengan sebutan Kamir Arab. Kue yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu, mentega, dan telur ini terkadang diolah bersama pisang ambon atau tape singkong. 

Makanan ini memiliki cita rasa yang manis sedikit gurih. Bentuknya yang bulat berwarna coklat muda, paling pas disajikan pada pagi hari untuk sarapan yang dipadukan dengan susu hangat atau teh panas. Bahkan bisa juga dijadikan sebagai camilan. Harga kamir sangat murah karena hanya dibanderol sekitar Rp1. 000 per butir.

Follow Berita iNews Pantura di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini