get app
inews
Aa Read Next : Tiga Rumah Ludes Dilalap Jago Merah, Damkar Kerahkan 3 Armada Pancar

Kisah Pemilik Telegram, Hobi Keliling Dunia hingga Punya Kekayaan Rp225 T

Selasa, 09 Agustus 2022 | 13:15 WIB
header img
Kisah Pemilik Telegram, Hobi Keliling Dunia hingga Punya Kekayaan Rp225 T (Foto: Okezone)

Hingga hari ini, Telegram telah diunduh sebanyak 600 juta lebih pengguna dengan rating 4,3 bintang di Google Play Store. Tak heran jika Telegram disebut sebagai pesaing WhatsApp. 

Lalu, siapa pemilik Telegram? Bagaimana perjalanan startup ini hingga sukses seperti sekarang? Simak ulasan lengkapnya berikut dikutip dari IDXChannel berikut ini!

Telegram merupakan aplikasi layanan pengirim pesan instan yang multiplatform dan gratis. Aplikasi ini saat ini telah tersedia di berbagai perangkat telepon seluler seperti Android, iOS, Windows Phone, dan Ubuntu Touch. Telegram memungkinkan penggunanya dalam berkirim pesan dan bertukar video, foto, maupun dokumen. 

Banyak orang menggunakan Telegram karena dinilai lebih bebas dan leluasa dengan privasi yang tetap terjaga dibanding platform lain sejenis yang saat ini telah memiliki beberapa aturan ketat. Seiring berjalannya waktu, Telegram pun mampu diterima pasar secara luas dan perlahan menggeser platform pendahulunya. 

Pavel Durov Pemilik Telegram

Pavel Durov Pemilik Aplikasi Telegram (Foto: Forbes)

Rupanya, Telegram merupakan platform media sosial yang dikembangkan oleh Telegram Messenger LLP dan didukung oleh wirausahawan Rusia Pavel Durov. Idenya membuat Telegram tentu tak terlepas dari rekam jejaknya di bidang teknologi dan informatika yang memang sudah tidak diragukan lagi. Pavel Durov disebut-sebut sebagai Zuckerberg-nya Rusia karena menciptakan Vkontakte yakni sebuah jaringan sosial terbesar di Rusia. Ia bahkan mendirikan Vkontakte ketika usianya baru menginjak 22 tahun. 

Sayangnya, Vkontakte dianggap menjadi basis kelompok anti pemerintah hingga membuat Pavel Durov terusir dari kampung halamannya. Sebagai pendiri, Pavel akhirnya harus berurusan dengan pihak berwenang. Lantaran kejadian inilah, Durov saat ini tinggal di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). 

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut