get app
inews
Aa Read Next : Kisah Nabi Muhammad Bagian 116: Firasat Perpisahan

Nabi Muhammad SAW sebagai Sosok yang Paling Sempurna

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 09:02 WIB
header img
Nabi Muhammad SAW sebagai Sosok yang Paling Sempurna (Foto: Okezone)

Nabi Muhammad SAW diciptakan oleh Allah SWT sebagai sosok yang sempurna, baik itu dari akhlak dan kepribadiannya maupun fisiknya.

Dalam Sirah Nabawiyah disebutkan, Rasulullah SAW adalah sosok yang gagah dan berwajah tampan, bahkan, ketampanan Nabi Muhammad ini melebihi Nabi Yusuf AS.

Nabi Yusuf sendiri dikenal karena ketampanannya, yang membuat orang-orang di sekitarnya dibuat kagum dan terlena karenanya. Dalam kitab al-Mahabbah karya Imam Ghozali disebutkan, Imam Muhammad bin Asy'ats berkata pada masa Nabi Yusuf AS, penduduk Mesir pernah hidup selama empat bulan tanpa makanan. 

Jika mereka lapar, mereka cukup memandang Nabi Yusuf sehingga ketampanannya menjadikan mereka lupa akan rasa laparnya. Bahkan, ada yang lebih dari itu. Sekumpulan perempuan mengiris-ngiris jarinya secara tanpa sadar karena takjub melihat ketampanan Nabi Yusuf. 

Namun, nyatanya ketampanan Nabi Yusuf ini hanyalah sebagian ketampanan yang Allah timpakan kepada makhluk-Nya. Sebab, disebutkan bahwa ketampanan yang melekat pada Nabi Muhammad SAW lebih besar porsinya dibandingkan Nabi Yusuf.

Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki dalam kitabnya, Muhammad Insanul Kamil, mengatakan, persentase ketampanan, keindahan, dan keelokan yang Allah SWT turunkan ke alam ini dibagi menjadi beberapa bagian, yakni 50 persen untuk Nabi Muhammad SAW, 25 persen untuk Nabi Yusuf AS, dan sisanya 25 persen lagi dibagikan kepada seluruh alam raya beserta isinya yang meliputi keindahan alam, keelokan hewan, ketampanan dan kecantikan manusia, dan lain sebagainya.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut