get app
inews
Aa Read Next : Kisah Nabi Muhammad Bagian 116: Firasat Perpisahan

Inilah 7 Shalawat Nabi Muhammad SAW Beserta Terjemahan dan Manfaatnya

Jum'at, 04 November 2022 | 12:44 WIB
header img
kaligrafi shalawat Nabi Muhammad SAW . tangkapan layar Youtube

JAKARTA, iNewsPantura.id - Sebagai Umat Muslim salah satu amalan yang diyakini bisa menjadi penyelamat di akherat nanti adalah dengan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang bisa memberi syafaat atau penyelamat di hari akhir nanti.

Dalam hadis riwayat muslim dijelaskan bahwa “Barang siapa yang membaca sholawat untuk Nabi Muhammad SAW sebanyak seratus kali dalam sehari, maka akan dibalas Rahmat Allah SWT sebanyak seribu kali juga”.

Nabi Muhammad SAW bersabda “Barangsiapa yang bersholawat kepadaku pada hari Jumat sebanyak empat puluh kali maka Allah SWT akan menghapus dosa-dosanya. Setiap umat muslim yang memperbanyak sholawat juga akan ditempatkan di sisi Nabi Muhammad SAW di surga.

Dilansir dari berbagai sumber , iNewsPantura.id Jumat (4/11/2022) merangkum t sholawat Nabi dan terjemahan , sebagai berikut

1. Sholawat Tibbil Qulub

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا. وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا. وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Latin:
Allohumm sholli 'ala sayyidina Muhammadin, tibbil quluubi wa dawaa-iha wa 'aafiyatil abdaani wa syifa-iha, wa nuuril abshoori wa dliyaa-iha
wa 'ala aalihi wa shahbihi wa sallim."

Artinya:
“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada baginda kami Nabi Muhammad yang menjadi obat dan penyembuhan hati, penyehat dan penyelamat badan, cahaya dan sinar penglihatan, dan limpahkan kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya, dan berilah kesejahteraan."

2. Sholawat Fatih

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ. وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ . وَالهَادِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ . صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Latin:
Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Faatihi limaa ughliqa, wal khatimi limaa sabaqa, wan naashiril haqqaa bil haqqi, wal haadii ilaa shiraatin mustaqiim (ada yang baca 'shiraatikal mustaqiim'). Shallallaahu ‘alayhi, wa ‘alaa aalihii, wa ashhābihī haqqa qadrihī wa miqdaarihil ‘azhiim.

Artinya:
“Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.

3. Sholawat Munjiyat

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْاَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ

وَتَقْضِيْ لَنَابِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ

وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَايَاتِ

مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

Latin:
Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin
sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il-ahwaali wal-aafaati
wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al-haajaati wa tuthahirunaa bihaa min jamii’is-sayyi’aati
wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati
min jamii’il-khairaati fil-hayaati wa ba’dal-mamaati

Artinya:
"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw yang melaluinya Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan membahayakan, dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan semua hajat kami dan membersihkan semua keburukan kami, mengangkat kami pada derajat tertinggi , menyampaikan kami pada puncak tujuan, dari semua kebaikan di waktu hidup dan sesudah mati".

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut