Logo Network
Network

Tembus 98,5 Persen! Antibodi Masyarakat Indonesia Kebal Lawan Covid-19

Hadi Widodo
.
Jum'at, 12 Agustus 2022 | 11:58 WIB
Tembus 98,5 Persen! Antibodi Masyarakat Indonesia Kebal Lawan Covid-19
Hasil survei menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia telah memiliki kadar sistem kekebalan tubuh atau antibodi mencapai 98,5%. (Foto: IDXChannel)

HASIL survei menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia telah memiliki kadar sistem kekebalan tubuh atau antibodi mencapai 98,5%. Hal tersebut dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam survei serologi bersama Universitas Indonesia (UI).

Tim Peneliti dari FKM UI dr. Iwan Ariawan, MSPH mengatakan, angka ini lebih tinggi dibandingkan dari survei serologi sebelumnya, pada bulan Maret lalu. 

"Pada Sero Survei ke-3 memiliki 98,5 punya antibodi. Memiliki kadar 4x lipat pada SARs-COV-2," kata dr Iwan Ariawan dalam Konferensi Pers Hasil Survei Serologi Ke-3 secara streaming di Kanal YouTube Kementerian Kesehatan, Kamis (11/8/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Juru Bicara Kemenkes, dr. Mohammad Syahril bahwa tujuan dari survei ini untuk mengetahui sejauh mana tingkat antibodi setelah vaksinasi. Khususnya terhadap virus SARs-COV-2.

"Tujuannya mengetahui kadar antibodi SARs-COV-2, seluruh penduduk Indonesia ingin kita ketahui kadar antibodinya," jelas dr Syahril.

Follow Berita iNews Pantura di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini