get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Pekalongan bantu 259 orang ulama dan umaro.

Polemik Istilah Amplop Kiai, Yenny Wahid : Suharso Tidak Memahami Budaya Kiai

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 20:52 WIB
header img
Polemik Istilah Amplop Kiai, Yenny Wahid : Suharso Tidak Memahami Budaya Kiai (foto: Okezone)

JAKARTA -InewsPantura,id. Polemik Istilah amplop kiai yang dilontarkan Suharso Manoarfa menuai banyak komentar tokoh publik,  salah satunya  Putri  Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh yang akrab disapa Yenny Wahid menyampaikan. Suharso tidak mengenal dan memahami budaya di lingkungan para kiai ataupun ulama

"Jadi kalau kiai-kiai disebut terlibat dalam money politics, saya rasa itu karena enggak kenal budaya kiai dan ulama," ujarnya kepada awak media, Sabtu (27/8/2022).

Yenny menilai, para kiai dan ulama itu justru lebih banyak memberi kepada masyarakat dibandingkan menerima sesuatu. Tak sedikit kiai dan ulama yang mendoakan bangsa Indonesia.

"Banyak masyarakat yang datang sowan ke kiai untuk minta didoakan dan karena mereka percaya bahwa silaturahmi ke kiai akan mendatangkan keberkahan. Baik orang miskin dan kaya, pejabat dan orang biasa, semua diterima dan dihormati," ungkapnya.


Yenny menjelaskan, tak sedikit masyarakat yang justru memberikan secara ikhlas sumbangan atau oleh-oleh kepada para kiai. Hal itu, kata Yenny, kerap dialami ayahnya, Gus Dur.

"Bapak saya dulu sering diberi uang Rp5.000 oleh masyarakat yang sowan. Namun banyak kiai yang bahkan besaran sumbangannya saja tidak tahu karena biasanya akan disalurkan langsung untuk keperluan pondok pesantren, membangun masjid dan lain-lain,” katanya.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut