get app
inews
Aa Read Next : Inilah 3 Tips dan Trik untuk Menang Ngegame HayDay

Hijabers Wajib Tahu!  Tips Agar  Rambut  Terbebas Dari Kutu

Minggu, 04 September 2022 | 09:22 WIB
header img
Hijabers Wajib Tahu!  Tips Agar  Rambut  Terbebas Dari Kutu (Foto Inews)

Hijabers Wajib Tahu, Tips agar  Rambut  terbebas dari kutu. Karena setiap waktu memakai kerudung yang selalu menutupi kepala, membuat wanita berhijab kerap kali mengalami masalah rambut, salah satunya terkena kutu.

 

 

Hijabers harus tetap waspada dan menjaga kebersihan rambut agar terhindar dari kutu. Karena, efek gatal dari gigitan serangga mungil ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan mengganggu aktivitas. Untuk mencegahnya,  Berikut tips agar  Rambut  terbebas dari kutu dirangkum dari berbagai sumber Minggu  (4/9/2022).

 

1. Hindari aktivitas kontak rambut orang lain

 

Kutu tidak bisa terbang atau melompat ke hijab Anda, tapi mereka bisa merangkak lewat tubuh hingga akhirnya hinggap di rambut Anda. Kutu paling sering menyebar dengan kontak langsung. Oleh sebab itu, hindari aktivitas yang melibatkan kontak rambut sebanyak mungkin.

 

2. Jangan pinjamkan hijab ke orang lain

 

Anda bisa tertular kutu jika Anda meminjamkan hijab, topi, hoodies, handuk, tempat tidur, ataupun bantal dengan seseorang yang pernah atau baru saja terkena kutu. Terkadang, kutu juga menyebar di sisir dan sikat. 'Kontak bersama' seperti itu jarang terjadi, tetapi bisa terjadi. Kutu dapat hidup sekitar satu atau dua hari setelah jatuh dari tubuh. Untuk mencegah kutu, jangan pernah berbagi benda yang menyentuh kepala.

. Hindari duduk di sofa umum

 

Mungkin menyenangkan untuk duduk di sofa mewah perpustakaan, tetapi sofa umum itu tentu sudah diduduki banyak orang sebelumnya. Kutu atau telur kutu dapat hidup selama sekitar 48 jam pada furnitur dan permadani berlapis kain. Selain itu, boneka atau bantal yang terpajang juga bisa menjadi tempat persembunyian kutu. Jadi, hindari barang yang memungkinkan jadi sarang-sarang kutu ini.

 

4. Cuci, pijat, dan keringkan rambut dengan benar

 

 

 

bebas kutu

 

 

 

Seringkali hijabers mengabaikan kebersihan rambut saat mandi karena merasa rambut mereka tidak terlihat dan membutuhkan perawatan. Hal ini bisa membuat rambut Anda menjadi sarang kutu. Oleh karenanya, pijatlah rambut sebelum, selama, dan setelah dicuci. Kemudian, keringkan sebelum akhirnya memakai hijab. Ingatlah untuk tidak mengikat rambut saat basah, karena dapat menyebabkan rambut berbau busuk, munculnya ketombe, dan tentu saja kutu.

 

5. Cuci hijab dan jaga kebersihan benda-benda sekitar

 

Terakhir, cucilah hijab, baju, topi, hingga handuk Anda dengan air hangat, karena telur kutu dapat bertahan lama di benda-benda ini. Rendam juga sisir dan berbagai perlengkapan rambut, seperti bando dan jepit rambut, dalam alkohol atau sampo kutu yang dicampur dengan air panas selama 1 jam sebagai pencegahan. Hindari mengeringkan rambut dengan hair dryer selama masa perawatan, untuk menghindari kutu berpindah ke area lain.

 

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut