get app
inews
Aa Read Next : 77 Tahun TNI, 4 Jenderal Ini Jadi Tokoh Penting Penjaga Kedaulatan Bangsa Indonesia

3 Tokoh Pahlawan Termasyhur pada Masa Kerajaan Islam Nusantara

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 09:33 WIB
header img
3 Tokoh Pahlawan Termasyhur pada Masa Kerajaan Islam Nusantara (foto: Sindonews)

2.Sultan Hasanuddin

Selanjutnya ada Sultan Hasanuddin yang dikenal dengan julukan Ayam Jantan dari Timur. Sultan Hasanuddin merupakan putra dari Sultan Gowa ke-15, Sultan Malikussaid dan I Sabbe To’omo Lakuntu, yang lahir pada 12 Januari 1631 di Makassar.

Di masa pemerintahannya (1653-1669), Kerajaan Gowa-Tallo mencapai masa kejayaan. Bahkan, Sultan Hasanuddin berhasil melebarkan wilayah kekuasaannya ke berbagai daerah-daerah yang subur, seperti Soppeng, Bone, dan Wajo. Maka tidak heran jika jalur perdagangan Indonesia Timur berada di tangannya.

Hasanuddin dikenal atas perjuangannya melawan VOC Belanda yang melakukan monopoli di wilayah kekuasaannya. Atas kegigihan dan keberaniannya, Sultan Hasanuddin ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional pada 6 November 1973.

1. Raden Patah 

Raden Patah adalah tokoh kerajaan Islam yang menjadi pendiri dari Kesultanan Demak yang memerintah dari tahun 1500-1518. Pemimpin kelahiran Palembang pada 1455 itu memiliki nama asli Jin Bun. Nama Tionghoa tersebut dia dapatkan karena darah Tionghoa yang menurun dari sang ibu. Di bawah kekuasaannya, Islam menyebar luas di daerah Jawa.

Melansir dari Okezone, Raden Patah merupakan satu sosok pahlawan yang ikut berjuang melawan penjajahan atas bangsa Portugis. Dalam perjuangannya, Raden Patah berusaha mengusir Portugis yang telah menduduki Selat Malaka dengan mengutus para pasukannya di bawah kepemimpinan putranya, Pati Unus.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut