get app
inews
Aa Read Next : Kisah Nabi Muhammad Bagian 116: Firasat Perpisahan

Rinduku PadaMu Ya Rasulullah

Jum'at, 29 April 2022 | 04:40 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Instagram)

Kerinduan bertemu pada manusia agung, manusia luhur dan manusia sempurna Nabi Muhammad Saw sungguh menjadi idaman bagi setiap insan muslim, seperti kisah kerinduan yang dibalut kecintaan yang mendalam Tsauban Az Zahabiy pada Rasulullah.  

Seseorang bernama Tsauban Az Zahabiy berasal dari tanah Ḥijaz tertawan dibawanya ke Madinah. Kemudian sang Rasulullah membeli dan memerdekakannya. Beliau memberi pilihan kepadanya untuk kembali ke keluarganya atau menjadi bagian dari keluarga Sang Rasul. Ia memilih yang kedua dengan menjadi pembantu Rasul.[1]

Ia sangat mencintai Rasul hingga tak tahan terlalu lama berpisah darinya. Suatu hari ia sowan kepadanya dengan kulit pucat dan badan yang tampak kurus. Mukanya pun tampak murung.

“Wahai Tsauban, apa gerangan yang membuatmu pucat?” kata Baginda Rasul kepadanya.

“Wahai Rasulullah, saya tidak sedang menderita, juga tidak sedang sakit. Saya hanya menanggung rindu jika tak melihatmu. Saya merasa sangat terasing hingga dapat bertemu denganmu. (Tiba-tiba) kemudian saya teringat akan akhirat. Saya takut kelak tak melihatmu di sana. Saya tahu belaka, engkau akan diangkat (di ketinggian) bersama para nabi, sementara jika saya masuk surga pasti akan berada di tempat yang lebih rendah dari (surga) tempatmu. Apalagi jika saya tak masuk surga, pastilah saya tak akan melihatmu selamanya.

Berkenaan dengan peristiwa ini, Allah Swt. menurunkan Ayat 69 Surah An Nisa`:

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا.

“Siapa yang menaati Allah dan Rasul (Nabi Muhammad), mereka itulah orang-orang yang (akan dikumpulkan) bersama orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, (yaitu) para nabi, para pencinta kebenaran, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.”[2]

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut