11 Senjata Tradisional Paling Mematikan di Dunia, Nomor 1 Dipakai Pejuang Indonesia

Tika Vidya Utami
.
Senin, 06 Desember 2021 | 16:55 WIB
Senjata tradisional bambu runcing dipakai para pejuang saat mengusir penjajah Belanda dan Jepang. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Daftar 11 senjata tradisional paling mematikan yang ditakuti dunia karena bentuk dan fungsinya. Senjata-senjata tersebut lazim dipakai saat perang dalam melawan musuh, seperti para pejuang Indonesia saat mengusir penjajah Belanda dengan senjata bambu runcing.

Senjata merupakan alat yang digunakan untuk mekanisme pertahanan diri maupun menyerang lawan. Selain sebagai pertahanan diri, senjata juga sebagai status sosial. Berikut 11 senjata tradisional paling mematikan yang ditakuti di dunia:

1. Bambu Runcing

Masyarakat Indonesia tentu mengenal bambu runcing, senjata sederhana ini punya andil dalam perjuangan kemerdekaan, mengusir penjajah dengan persenjataan modern saat itu.

Bagian ujungnya yang runcing mudah menembus kulit musuh, bahkan mengoyak daging. Sekalipun korbannya masih hidup, luka yang diakibatkannya sulit disembuhkan. Selain itu terkadang di ujung lancipnya dibubuhi racun mematikan.

Beberapa keunggulan dari babmbu runcing adalah bobotnya yang ringan sehingga mempermudah mobilitas pengguna saat perang. Selain itu, tanaman bambu saat masa perjuangan kemerdekaan mudah ditemukan.  Proses pembuatannya juga mudah, sehingga tidak perlu waktu lama untuk menghasilkan satu bambu runcing. 

Salah satu tokoh pejuang kemerdekaan yang dikaitkan dengan bambu runcing adalah KH Subchi dari Parakan, Temanggung, Jawa Tengah, bahkan dia digelari Jenderal Bambu Runcing. Dia dikenal sebagai penasehat BMT (Barisan Muslimin Temanggung) yang kemudian dikenal menjadi Barisan Bambu Runcing.

Untuk mengingatkan generasi muda akan peran dari bambu runcing, senjata ini diabadikan di Monumen Yogya Kembali

2. Zweihander

Zweihander merupakan pedang yang biasa digunakan pasukan Jerman dan Swiss. Pedang ini diciptakan pertama kali ketika Perang Italia pada 1494. Pengguna wajib memegang dengan kedua tangan supaya efek ayunannya lebih maksimal. Konon, pedang Zwihander mampu memotong leher 7 orang sekaligus dalam sekali tebasan. 

3. Kyoketsu-Shoge

Kyoketsu-shoge mirip dengan celurit dengan dua bilah. Bentuknya ada yang lurus dan melengkung. Kyoketsu-shoge juga dikaitkan dengan tali tebal yang terhubung dengan lingkaran seperti cakram. 

Senjata ini bisa digunakan untuk menjerat pedang dan merobeknya dari tangan lawan. Tali dan lingkaran seperti cakram digunakan untuk membungkus kaki musuh dan membuat mereka tersandung.

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini