Sebuah Makna tentang Cinta Sejati

Hadi Widodo
.
Rabu, 23 November 2022 | 09:26 WIB
Ilustrasi (Foto: Okezone)

PEKALONGAN, iNewsPantur.id - Kata حب [Hubb] artinya cinta. Kata tersebut terdiri dari dua huruf: Ha dan Ba. Ha merupakan huruf halq yang keluar dari lak-lakan (tenggorokan) sedangkan Ba adalah huruf syafatain yang muncul dari dua bibir. Bukan disebut cinta sejati satu ucapan dan perbuatan yang dilakukan tanpa ketulusan hati.

Dikutip dari Kajian Habib Muhammad bin Yahya Pekalongan bahwasanya cinta adalah anugerah besar dari Allah Taala yang menjadikan hidup manusia penuh keindahan dan kebahagiaan. Cintalah yang menyebabkan seorang wanita menjadi istri dan ibu yang menjaga kehormatan diri dan keluargamya. Cinta juga yang mengiringi pria menjadi seorang suami dan bapak yang bertanggung jawab.

Cinta yang tulus dan abadi adalah mencintai sesuatu karena Allah Taala;

الحب للرحمن جل جلاله ** هو مستحق الحب والاشواق
فاصرفه للملك الجليل ولذ به ** من كل ما تخشاه من ارهاق

Mencintai sesuatu karena Allah Taala yang Maha Agung adalah cinta dan rindu yang layak. Habiskan cinta tersebut untukNya dan berlindunglah kepadaNya dari segala kekhawatiran yang membinasakan.

Mencintai seseorang karena materi bakal menghinakan diri. Mencintai seseorang karena punya jabatan tinggi bakal merugi. Mencintai seseorang karena ingin dapet gula-gula bakal dapat bala. Mencintai seseorang karena fisiknya yang rupawan akan terkena tipu dan rayuan. Cintailah seseorang karena orang itu dicintai oleh Allah Taala maka engkau akan mendapat kemuliaan.

Tidak ada azab yang paling menyakitkan di dunia ini melainkan dikhianati orang yang kita yang kita cintai. Tidak ada penderitaan yang sangat tragis melainkan menjalin hubungan cinta dengan orang yang sudah tidak tulus memberikan cintanya.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini