Kejutan Lagi!, Maroko Kandaskan Belgia 2-0

Fatimatus Zahro
.
Minggu, 27 November 2022 | 23:00 WIB
pemain maroko meluapkan selebrasi usai mengandaskan Belgia 2-0. Foto:ist

AL THUMAMA, iNewsPantura.id- Kejutan terjadi lagi, kali ini Timnas Maroko kandaskan negara peringkat pertama FIFA Belgia, 2-0 di lanjutan Grup F Piala Dunia 2022. Hasil itu meramaikan persaingan ke perdelapan Final di grup tersebut.

Taktik Maroko sukses mematikan sihir Kevin De Bruyne. Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Al Thumama, Al Thumama, Qatar pada Minggu (27/11/2022) pukul 20.00 WIB. Singa Atlas-julukan Timnas Maroko- mampu membobol gawang Setan Merah -julukan Timnas Belgia- lewat gol indah Abdelhamid Sabiri (73') dan Zakaria Aboukhlal (90+3').

Begitu pertandingan dimulai, Skuad Maroko langsung memberikan pressing kepada para pemain Belgia. Berhasil merebut bola, Hakim Ziyech mengirimkan umpan silang tinggi ke area penalti Belgia di menit ke-5. Sial baginya, pertahanan lawan memotong umpan silangnya dengan nyaman.  

Setelah itu, giliran Belgia yang melakukan serangan balik cepat. Michy Batshuayi memiliki ruang dan waktu di dalam kotak penalti setelah menerima umpan yang rapi. Akan tetapi, tembakannya ke sudut kiri bawah diselamatkan dengan gemilang oleh Munir Mohamedi.

Tepat di menit 17, Belgia mendapatkan kesempatan melalui sepakan bola mati. Kevin De Bruyne memutuskan untuk menendang bola ke arah gawang, namun usahanya gagal mengancam gawang Singa Atlas setelah diblok dengan baik oleh salah satu pemain bertahan. Setan Merah mendapat sepak pojok.

Baik Setan Merah maupun Singa Atlas kesulitan membongkar pertahanan lawan masing-masing. Namun di menit 21, Maroko sempat mengancam lewat tembakan jarak jauh Hakim Ziyech.

Tepatnya di menit 45+1, Thorgan Hazard (Belgia) berhasil merebut bola dari lawannya, tetapi dia melakukan pelanggaran dalam prosesnya dan wasit meniup peluit.  Maroko pun memiliki peluang melalui tendangan bebas. Alhasil, Hakim Ziyech yang menjadi penendang sukses memasukkan bola melewati penjaga gawang Thibaut Courtois. Sialnya, wasit Cesar Arturo Ramos menganulir gol setelah dari rekaman VAR dinyatakan offside, skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua Sejak babak kedua dimulai, Maroko berusaha untuk memberikan ancaman ke gawang Belgia. Di menit 50, Hakim Ziyech berdiri bebas di tepi kotak penalti dan melepaskan tembakan yang mengarah ke tengah gawang. Akan tetapi Thibaut Courtois melakukan penyelamatan yang apik. Sementara itu, Eden Hazard (Belgia) di menit 52 berlari zig-zag ke dalam kotak penalti. Namun, ia gagal mengarahkan tembakan ke tiang kanan saat penjaga gawang Maroko melakukan penyelamatan ajaib.

Memasuki menit ke-60, Roberto Martinez telah memutuskan untuk memasukkan dua pemain baru untuk menambah daya gedor Belgia. Youri Tielemans dimasukkan menggantikan Amadou Onana. Kemudian Dries Mertens menggantikan Eden Hazard. Kevin De Bruyne (Belgia) melakukan solo run pada menit 65 meski gagal menciptakan peluang karena pemain lawan menghalanginya.

Lalu, Dries Mertens melepaskan tembakan keras ke sisi kiri gawang Maroko. Sayangnya, Munir menggagalkan peluang itu dengan penyelamatan dua tangan yang hebat. Maroko menggantikan beberapa pemainnya untuk menambah daya dobrak lini depan dengan memasukkan Abdelhamid Sabiri dan lainnya.

Tepat di menit 73, Abdelhamid Sabiri mencetak gol indah dari tendangan bebas yang dihasilkan. Skor pun berubah jadi 1-0 untuk Maroko. Setelah kebobolan, Roberto Martinez menyiapkan pergantian pemain di Skud Belgia. Thomas Meunier digantikan oleh Romelu Lukaku yang diharapkan dapat memberikan warna baru di lini serang Setan Merah. Akan tetapi, kehadiran Lukaku tak mampu membuat Belgia menyamakan kedudukan.  Justru, Belgia harus kembali kebobolan di menit 90+3 lewat gol Zakaria Aboukhlal (Maroko) usai menerima umpan Hakim Ziyech. Alhasil, skor akhir 2-0 pun dimenangkan oleh Maroko.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id Klik untuk baca: https://www.inews.id/sport/soccer/hasil-belgia-vs-maroko-piala-dunia-2022-bikin-de-bruyne-tak-berkutik-singa-atlas-libas-setan-merah/2.

 

 

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News

Bagikan Artikel Ini