get app
inews
Aa Read Next : Ajaran tentang Keutamaan Memberi Utang

Doa Agar Dimampukan Membalas Keburukan dengan Kebaikan

Senin, 28 November 2022 | 13:48 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Okezone)

PEKALONGAN, iNewsPantura.id - Ketika keburukan dibalas dengan kebaikan menjadi sebuah hal yang patut umat islam terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Di dunia ini tidak semua orang bakal senang kepada kita. Kita tidak akan bisa nyumpel mulut seada-adanya orang buat suka kepada kita. Keinginan kita, semua orang harus berbuat baik kepada kita. Oleh karenanya bila ada interaksi buruk dari orang lain maka amalkan isi kandungan ayat ini dikutip dari Kajian Habib Muhammad bin Yahya Pekalongan:

إدْفَعْ بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ فَإِذَا ٱلَّذِى بَيْنَكَ وَبَيْنَهُۥ عَدَٰوَةٌ كَأَنَّهُۥ وَلِىٌّ حَمِيمٌ

“Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia” (QS. Fushilat : 34).

Bila ada orang yang menghina, jangan ditimpalin hinaannya, jika ada orang yang berbuat zhalim jangan diladenin kezhalimannya, bila ada yang memutuskan silaturrahim maka sambunglah, bila ada yang bakhil kepadamu maka berbuat dermawanlah kepadanya, jika ada yang marah maka jangan dibales marah, bila dicuekin maka ajaklah bicara.

Bila kita sudah mampu membalas interaksi buruk orang lain dengan kebaikan, suatu saat nanti kebencian mereka akan berbalik menjadi suka, yang sebelumnya memusuhi, berbalik menjadi teman setiamu.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut