get app
inews
Aa Read Next : Tak Bawa Bukti Baru, Kuat Ma’ruf Ajukan Banding

Profil Bharada E: Jadi Justice Collaborator, Buka Fakta Pembunuhan Berencana

Jum'at, 02 Desember 2022 | 13:11 WIB
header img
Profil Bharada E yang mengungkap fakta dalam pembunuhan Berencana atas Brigadir J. Montase Foto: iNewsPantura.id

JAKARTA, iNewsPantura.id - Salah satu terdakwa Pembunuhan Berencana Brigadir J (Nofriansyah Yosua Hutabarat), Richard Eliezer alias Bharada E jadi sorotan usai membuka beberapa fakta pembunuhan berencana.

Dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan Rabu (30/11/2022), Bharada E membeberkan beberapa fakta yang sebelumnya belum pernah diungkap ke publik. Dari mulai adanya perempuan misterius yang keluar dari salah satu rumah Ferdy Sambo sambil menangis, hingga keberadaan Putri Candrawathi bersama Ferdy Sambo dan Bharada E saat merencanakan skenario pembunuhan. ( Beberapa kesaksian dan fakta yang diungkap Bharada E bisa dibaca di artikel berikut ini).

Bharada E yang memang sudah ditetapkan sebagai justice collaborator terlihat lancar dalam membeberkan beberapa fakta termasuk memperagakan proses penembakan Brigadir J dengan mata memerah menahan tangis. Berikut, inilah profil Bharada E yang dirangkum dari berbagai sumber:

Bharada E yang memiliki nama lengkap Richard Eliezer Pudihang Lumiu, lahir di Manado, Sulawesi Utara pada 14 Mei 1998. Richard merupakan anggota polisi berpangkat Bhayangkara Dua (Bharada E) atau golongan Tamtama.

Mula di kepolisian, Richard  bergabung dengan Kesatuan Brimob kemudian bergabung di Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri pada November 2021. Dari situlah, dia ditugaskan menjadi ajudan Ferdy Sambo yang saat itu menjabat sebagai Kepala Divisi Propam Polri dengan pangkat Jenderal diua.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut