get app
inews
Aa Read Next : KPK Ajak Para Kyai dan Ulama Ajarkan Nilai Antikorupsi

Inilah 5 Negara Paling Korup di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Senin, 12 Desember 2022 | 01:06 WIB
header img
Daftar negara paling korup di dunia.Foto:ist

JAKARTA, iNewsPantura.id - Tiga hari lalu tepatnya tanggal 9 Desember diperingati hari anti korupsi sedunia.Korupsi adalah tindakan penyalahgunaan kekuasaan publik demi keuntungan pribadi.

Transperency International (TI) setiap tahun merilis daftar negara terkorup berdasarkan beberapa parameter. Data Indeks Persepsi Korupsi (CPI) terakhir dirilis untuk tahun 2021.  

CPI mengukur seberapa korup sektor publik setiap negara berdasarkan persepsi para ahli dan pelaku bisnis. Skor diberikan berdasarkan kombinasi dari setidaknya tiga sumber yang diambil dalam 13 survei dan penilaian korupsi berbeda. Sumber data tersebut dikumpulkan oleh berbagai lembaga terkemuka, termasuk Bank Dunia dan Forum Ekonomi Dunia. CPI mengurutkan 180 negara dan wilayah di seluruh dunia berdasarkan tingkat korupsi sektor publik. Setiap negara mendapat skor dengan dari 0 (sangat korup) hingga 100 (sangat bersih). Semakin kecil skornya, negara tersebut semakin korup.

Inilah 5 Negara Paling Korup di Dunia

1. Sudan Selatan
Posisi pertama negara paling korup di dunia ada Sudan Selatan. Negara ini berada di urutan terakhir dengan skormr 11/100. PBB menyebut tingginya kasus korupsi di Sudan Selatan karena banyak pejabat yang mengalihkan uang kas negaranya. Sejak 2018, setidaknya ada uang negara sebanyak 73 juta dolar AS yang dijarah oleh pejabat tinggi. Bahkan, angka sebenarnya ditaksir lebih tinggi lagi, hingga menyentuh 4 miliar dolar AS sejak 2012.  Tingkat korupsi yang tinggi tentu berimbas pada kondisi masyarakatnya. PBB menyebut, 80 persen masyarakat Sudah Selatan berada di bawah garis kemiskinan dan lebih dari 7 juta orang mengalami krisis pangan.  

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut