get app
inews
Aa Read Next : KPK Ajak Para Kyai dan Ulama Ajarkan Nilai Antikorupsi

Inilah 5 Negara Paling Korup di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Senin, 12 Desember 2022 | 01:06 WIB
header img
Daftar negara paling korup di dunia.Foto:ist

JAKARTA, iNewsPantura.id - Tiga hari lalu tepatnya tanggal 9 Desember diperingati hari anti korupsi sedunia.Korupsi adalah tindakan penyalahgunaan kekuasaan publik demi keuntungan pribadi.

Transperency International (TI) setiap tahun merilis daftar negara terkorup berdasarkan beberapa parameter. Data Indeks Persepsi Korupsi (CPI) terakhir dirilis untuk tahun 2021.  

CPI mengukur seberapa korup sektor publik setiap negara berdasarkan persepsi para ahli dan pelaku bisnis. Skor diberikan berdasarkan kombinasi dari setidaknya tiga sumber yang diambil dalam 13 survei dan penilaian korupsi berbeda. Sumber data tersebut dikumpulkan oleh berbagai lembaga terkemuka, termasuk Bank Dunia dan Forum Ekonomi Dunia. CPI mengurutkan 180 negara dan wilayah di seluruh dunia berdasarkan tingkat korupsi sektor publik. Setiap negara mendapat skor dengan dari 0 (sangat korup) hingga 100 (sangat bersih). Semakin kecil skornya, negara tersebut semakin korup.

Inilah 5 Negara Paling Korup di Dunia

1. Sudan Selatan
Posisi pertama negara paling korup di dunia ada Sudan Selatan. Negara ini berada di urutan terakhir dengan skormr 11/100. PBB menyebut tingginya kasus korupsi di Sudan Selatan karena banyak pejabat yang mengalihkan uang kas negaranya. Sejak 2018, setidaknya ada uang negara sebanyak 73 juta dolar AS yang dijarah oleh pejabat tinggi. Bahkan, angka sebenarnya ditaksir lebih tinggi lagi, hingga menyentuh 4 miliar dolar AS sejak 2012.  Tingkat korupsi yang tinggi tentu berimbas pada kondisi masyarakatnya. PBB menyebut, 80 persen masyarakat Sudah Selatan berada di bawah garis kemiskinan dan lebih dari 7 juta orang mengalami krisis pangan.  

2. Suriah
Suriah berada di urutan ke-178 dengan skor 13. Menurut laporan Syrian Economic Forum yang ditulis Abdulkader Al Sheikh dan Abudllah Hamadah, ada tiga jenis korupsi yang paling sering terjadi di Suriah, yakni suap, penyalahgunaan kekuasaan, dan penggelapan dana publik. Namun dari pelanggaran tersebut, suap paling banyak dilakukan. Laman Syrians for Truth and Justice menyebut, suap adalah fenomena lama di Suriah yang kini terus diperangi pemerintah. Dengan ramainya korupsi, ketersediaan dan kemampuan masyarakat akan akses kebutuhannya menjadi sangat sempit. Selain itu, penyebab korupsi di Suriah juga dilatarbelakangi motif sosial, politik, hingga ekonomi.

 3. Somalia
Sama seperti Suriah, Somalia berada di posisi 178 dari 180 negara karena memiliki skor sama yakni 13. Dalam laporan Anti-Corruption Resource Center Transparency International, bentuk korupsi paling banyak terjadi di Somalia adalah penyalahgunaan sumber daya negara oleh pejabat publik dan para pemegang kepentingan.  Selain itu, budaya nepotisme juga sangat kuat dibarengi lemahnya metode pembukuan dan ketidakjelasan prosedur secara internal. Dengan begitu, peluang untuk menyalahgunakan dana negara sangat terbuka lebar.  

4. Venezuela  
Venezuela menempati peringkat ke-177 dari 180 negara dengan skor 14. Penyebab korupsi di Venezuela karena faktor politik dan budaya. Para penegak hukum tidak efektif dalam menjalankan tugas. Negara tersebut juga terlibat krisis politik dalam perebutan kekuasaan yang sangat sengit selama bertahun-tahun. Selain itu, ketidakpuasan politik masyarakat juga tercipta akibat hiperinflasi, kelangkaan makanan, dan obat-obatan. Berdasarkan laporan BBC, lebih dari 5 juta warga Venezuela meninggalkan negaranya dalam beberapa tahun terakhir.  

5. Yaman
Negara paling korup sedunia selanjutnya adalah Yaman. Negara ini berada di peringkat ke-174 dengan skor 16 atau sama dengan Korea Utara dan Afghanistan.  Tak banyak data yang tersaji mengenai negara ini. Namun seperti diketahui, Yaman didera perang saudara sejak 2014 yang akhirnya menjerumuskan negara itu ke lembah krisis. PBB menyebut krisis kemanusiaan di Yaman merupakan yang terparah di dunia. Kelaparan dan krisis kesehatan menghinggapi sebagian besar warga.

Lantas Indonesia no berapa?
Dari data yang dirilis TI, Indonesia menempati peringkat 96/180 dengan skor 38/100. Skor yang sama juga diraih Turki, Serbia, Lesotho, Brasil, dan Argentina. Beragam faktor melatarbelakangi skor CPI Indonesia, seperti permasalahan soal transparansi, pengawasan pemerintah, budaya memberi barang atau uang sebagai manifestasi penghargaan atau tanda terima kasih.  

Skor terbaik yang diperoleh Indonesia adalah 40/100 pada 2019, namun turun menjadi 37 setahun kemudian, sebelum naik satu poin ke 38 pada 2021. Meski demikian secara umum, CPI Indonesia menunjukkan tren positif sejak 2012, yakni naik dari skor awal 32.

Sementara itu di Asia Tenggara, peringkat Indonesia lebib baik daripada Thailand (skor 35/100) yang berada di peringkat 110, Filipina (33/100) di peringkat 117, Laos (30/100) di peringkat 128, Myanmar (28/100) di peringkat 140, dan Kamboja (23/100) di peringkat 157.

Di atas Indonesia adalah Vietnam (39/100) di peringkat 87, Timor Leste (41/100) di peringkat 82, Malaysia (48/100) di peringkat 62,. Sementara Singapura menjadi negara paling bersih di asia tenggara (85/100) di peringkat 4 dunia. Adapun, posisi pertama dipegang bersama-sama oleh Denmark, Finlandia, dan Selandia Baru dengan skor 88/100.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 5 Negara Paling Korup di Dunia, Ada Indonesia? ", Klik untuk baca:https://www.inews.id/news/internasional/5-negara-paling-korup-di-dunia-ada-indonesia/4.


Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut