get app
inews
Aa Read Next : Warga Wiradesa Raih Hadiah Utama Mobil dari Bank Jateng

Turun, Ada 740 Kasus Stunting di Kabupaten Pekalongan

Kamis, 02 Februari 2023 | 10:04 WIB
header img
Selama Tahun 2022 di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah terdapat 740 kasus stunting. Jumlah itu menurun dari tahun sebelumnya yang ditemukan ada 1.628 kasus. Foto:Prokompim Kab.Pekalongan

KAJEN, iNewsPantura.id- Selama Tahun 2022 di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah  terdapat 740 kasus stunting. Jumlah itu menurun dari tahun sebelumnya yang ditemukan ada 1.628 kasus.

Demikian disampaikan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq disela-sela penyerahan bantuan program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) Tahap I kepada 60 anak gizi kurang dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Pekalongan, Rabu (01/02/2023) , di pendopo rumah dinas jabatan Bupati Pekalongan di Kajen."Melihat data diatas, kita masih ada PR sebanyak 11 persen. Untuk itu kerjasama yang baik ini perlu untuk ditingkatkan sehingga di Kabupaten Pekalongan bisa zero stunting," kata bupati.

Program BAAS sendiri merupakan salah satu program untuk mengeliminasi kasus stunting merupakan program yang diluncurkan BKKBN sebagai gerakan gotong royong  dari seluruh elemen bangsa dalam mempercepat penurunan stunting dan menyasar langsung  keluarga yang mempunyai anak beresiko stunting.

Dana terkumpul dari program ini sejumlah 81 juta lebih yang didistribusikan ke 60 anak gizi kurang, serta Rendangku dari Lazismu sejumlah 195 kaleng dan paket sembako dari BAZNAS sejumlah 65 paket.Menurutnya masalah stunting diantaranya adalah banyaknya anak yang menikah dibawah umur. Sehingga mereka tidak memperhatikan gizi anak ditambah suaminya belum punya pekerjaan yang jelas.

"Untuk itu saya minta kerjasama semua pihak agar memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mencegah pernikahan dini. Selain itu dengan adanya layanan berobat gratis dengan KTP para ibu bisa memanfaatkan ini untuk memeriksa kehamilannya," katanya 

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut