get app
inews
Aa Read Next : DLH Tumbuhkan Peduli Lingkungan Anak Dengan Program Sirami

Nilai Investasi Kota Pekalongan Capai Rp200 Miliar, Lampaui Target

Jum'at, 17 Februari 2023 | 15:24 WIB
header img
Pengusaha ketika mengurus perizinan di DPMPTSP Kota Pekalongan.

PEKALONGAN, iNewsPantura.id - Realisasi nilai investasi di Kota Pekalongan tahun 2022 mencapai Rp152 miliar.

"Itu berarti berhasil melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp200 Miliar,’’ kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan, Beno Heritriono.

Realisasi itu diketaui berdasarkan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) dari sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA). Target itu telah ditetapkan pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2022 sebesar Rp200 miliar.

Beno menyebutkan, lima sektor terbesar  yang menyumbang  nilai investasi di Kota Pekalongan sepanjang Tahun 2022 adalah sektor industri makanan, industri perdagangan, industri tekstil, hotel dan restoran.

Pihaknya menilai, ada beberapa kendala terkait adanya perubahan kebijakan sejak diberlakukannya OSS RBA Tahun 2021, dimana semua pelaku usaha wajib mendaftarkan jenis izin usahanya. "Perubahan kebijakan tersebut  berpengaruh terhadap kewajiban pelaporan bagi setiap pelaku usaha," tegasnya.

Beno menambahkan, untuk UMKM sebagian besar nilai investasinya dibawah Rp5 Milliar, namun pada kebijakan pada semester 2 harus sudah melaporkan. Pihaknya mengupayakan agar investasi di sektor UMKM juga diperhitungkan.

"Sementara, untuk target  investasi di Kota Pekalongan sebesar Rp204 Milliar. Kami upayakan agar target tersebut  bisa kembali terpenuhi," harapnya. ***

Editor : Trias Purwadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut