get app
inews
Aa Read Next : TP PKK Blado Juara 1 Lomba Busana Batik

Polres Batang Gelar Latihan Pra Operasi Ketupat Candi 2023

Minggu, 16 April 2023 | 14:59 WIB
header img
Latihan Pra Operasi Ketupat Candi 2023

BATANG, iNewsPantura.id - Polres Batang bersama Dinas Perhubungan dan Kodim 0736/Batang, menggelar Latihan Pra Operasi Ketupat Candi 2023. Kegiatan tersebut untuk menyusun langkah antisipasi apabila terjadi kerawanan, seperti kemacetan tindak kriminal saat libur lebaran, di obyek-obyek wisata dan tempat strategis lainnya.

Wakapolres Batang Kompol Raharja mengatakan, area yang menjadi sasaran pantau petugas yakni mulai jalur arteri, tol, obyek wisata dan tempat ibadah.

"Ada beberapa obyek wisata yang menjadi perhatian kami, yaitu Pantai Sigandu, pertigaan Pondok Modern Tazakka Bandar, juga pantauan ke Forest Coffee dan Waykambang serta obyek wisata Pantai Jodo,” katanya, usai memimpin Lat Pra OPS Ketupat Candi 2023, di Pendapa Kabupaten Batang, Jumat (14/4/2023).

Ia mengungkapkan, sebanyak 342 personel diterjunkan untuk menciptakan suasana aman dan nyaman bagi warga maupun pemudik saat berada di ruang publik,  salah satunya destinasi wisata di Kabupaten Batang.

"Dalam pelaksanaannya didukung oleh Kodim 0736/Batang 1 pleton, dan Brimob serta dibantu Stakeholder lain, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan para relawan. Pengamanan dibentuk 5 Pospam dan 1 Posyan serta Sub Pospam.,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Dishub Batang Yustinus Gandi menambahkan, terkait pemberlakuan pembatasan kendaraan angkutan barang, sesuai keputusan bersama antara Menteri Perhubungan, Kakorlantas dan PUPR, maka Dinas Perhubungan akan memasang rambu-rambu larangan bagi kendaraan angkutan barang untuk melintas di jalan arteri maupun tol.

"Kecuali bagi kendaraan pengangkut bahan-bahan kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas), masih diizinkan,” terangnya.

Ia menambahkan, bagi pemudik yang mungkin memanfaatkan fasilitas truk pengangkut sepeda motor, menuju kampung halaman juga masih diizinkan lewat.

"Tujuannya untuk memudahkan para pemudik agar tidak terjadi kepadatan di jalur Pantura dan menghindari kecelakaan lalulintas,”tutup  Yustinus Gandi. *

Editor : Trias Purwadi

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut