get app
inews
Aa Read Next : Pilkada 2024, KPU Kota Pekalongan Tetapkan 232.247 Pemilih sementara

Sambut Tahun Baru Hijriah, Ribuan Guru TPQ Khataman Akbar

Kamis, 20 Juli 2023 | 07:15 WIB
header img
Khataman Al Qur'an di Masjid Jami' Kauman Kota Pekalongan

Kota Pekalongan,iNewsPantura.id - Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan AL-Qur'an (Badko LPQ) Kota Pekalongan menyambut Tahun Baru Hijriah 1445  dengan menggelar  Khataman Akbar serta Mujahadah Asmaul Husna. Gema Muharram yang dihelat di Masjid Al Jami' Kauman Kota Pekalongan ini diikuti ribuan guru TPQ Kota Pekalongan. 

Acara bertajuk Merajut Ukhuwah, Mencapai Berkah ini dijelaskan Ketua Badko LPQ Kota Pekalongan, Ustaz Faqihuddin Ufar, pada pergantian tahun hijriyah ini bisa diisi dengan kegiatan-kegiatan positif, sehingga dalam setahun ke depan hidup bisa semakin berkah dan mendapat ridho Allah. 

"Kegiatan terakhir Gema Muharram tahun ini berbeda dengan tahun sebelum adanya pandemi Covid 19, Gema Muharram digelar secara sederhana dan diharapkan tahun yang akan datang bisa digelar dengan meriah dan melibatkan santri TPQ se-Kota Pekalongan," ungkap Ustaz Faqihuddin. 

Ustaz Faqihuddin, menjelaskan, Gema Muharram biasanya diikuti pawai guru dan santri, namun tahun ini pasca pandemi baru bisa digelar khataman. "Di Kota Pekalongan ada 200 lebih TPQ jumlah santrinya ribuan," kata Ustaz Faqihuddin.

Kepala Kemenag Kota Pekalongan, Kasiman Mahmud Desky mengapresiasi kegiatan yang digelar Badko Kota Pekalongan ini. Kegiatan ini setiap tahun rutin diselenggarakan untuk memberi semangat baru untuk para guru TPQ agar selalu eksis dan istikomah untuk mengajar anak TPQ di seluruh Kota Pekalongan.

"Dari pemerintah kota tentunya memberi bantuan, dorongan, dan apresiasi atas semangat para guru TPQ. Kemenag juga memiliki program yang bisa diakselerasi dan bekerjasama dengan Bakdo dan TPQ khususnya untuk membangun dan koordinasi Lembaga Pendidikan Quran (LPQ)," tutup Kasiman. 

Pada acara ini turut hadir pula mewakili Wali Kota Pekalongan, Kepala Bagian Kesra, Mahbub Syauqi. ***

Editor : Trias Purwadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut