get app
inews
Aa Read Next : Warga Tak Mampu di Pekalongan Dirazia! Bukan Ditilang Malah Diberi Sembako

Peringati Haul Sayidina Hamzah, Ratusan Orang Penuhi Makam Mbah Adam

Senin, 14 Februari 2022 | 05:20 WIB
header img
Ratusan Orang Penuhi Makam Mbah Adam bin Abdillah di Dusun Grabyak, Pait, Siwalan, Kabupaten Pekalongan untuk memeringat Haul Pama Rasulullah SAW, Sayidina Hamzah dan Haul Mbah Adam . iNews

PEKALONGAN, iNews - Ratusan orang Minggu malam (13) memenuhi Kompleks makam Mbah Adam bin Abdillah di Dusun Grabyak, Pait, Siwalan, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah untuk mengikuti Peringatan Haul Paman Rasulullah SAW, Sayidina Hamzah bin Abdul Mutholib.

Hamzah adalah Paman Rasulullah SAW yang dikenal dengan julukan singa padang pasir karena keberaniannya di medan pertempuran dan sangat ditakuti bangsa Quraisy .

Hamzah wafat di medan Perang Uhud ketika seorang budak suruhan Hindun bernama Wahsyi melemparkan tombak yang mengenai perut Paman Nabi Muhammad SAW itu hingga wafat.

Mbah Adam bin Abdillah salah satu ulama terkemuka di Pekalongan sejak awal 1900an sudah menggelar peringatan haul dan pembacaaan Manakib atau risalah perjalan hidup Sayidina Hamzah setiap tangal 12 Rajab. Setelah Mbah Adam wafat kegiatan itu diteruskan oleh anak cucunya  dan masyarakat Grabyak, Pait, Siwalan, Pekalongan hingga saat ini.   

Kegiatan Haul Sayidia Hamzah dan Mbah Adam diawali dengan Khotmil Quran pada Minggu pagi, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan manakib atau risalah Sayidina Hamzah pada Minggu malam higga pukul 23.30. Kemudian pembacaan Dalailul Khoirot atau doa keselamatan di akherat yang dipimpin oleh cucu dari Mbah Adam KH Mas Syafrudin  serta pengajian umum di Masjid Grabyak dengan pembicara Kh Riki Ya'kub  dari Jakarta, Senin ini (14/2).

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut