get app
inews
Aa Read Next : Pertumbuhan Ekonomi Kota Pekalongan Maju Pesat Lampaui Rerata Jateng

Prosentase Jumlah Penduduk Miskin Kota Depok Terendah Ketiga di Indonesia yaitu 2,58%

Jum'at, 04 Maret 2022 | 12:02 WIB
header img
Ilustrasi

JAKARTA - Jumlah penduduk miskin di kota Depok paling sedikit atau terendah ketiga di Indonesia pada 2021 dengan prosentase 2,58%. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Depok berada di posisi ketiga dengan tingkat kemiskinan paling rendah di bawah Kota Sawahlunto sebesar 2,38 persen dan Kota Tangerang Selatan 2,57 persen.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Jawa Barat Dadang Wihana menyebut, prosentase jumlah penduduk miskin Kota Depok terendah ketiga di Indonesia yaitu 2,58%. Dia juga bersyukur karena angka tersebut merupakan kabar baik untuk Kota Depok.

"Alhamdulillah, ini angka yang cukup baik. Kota Depok jumlah penduduk miskinnya 2,58 persen," kata Dadang Wihana dikutip dari laman resmi Pemkot Depok, Jumat (4/3/2022).

Meski demikian, lanjut Dadang, Pemkot akan tetap waspada soal tingkat kemiskinan. Sebab, pandemi COVID-19 memberikan dampak ke perekonomian masyarakat.

Sementara itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Depok tertinggi ketiga di Jawa Barat. Adapun IPM mencakup perihal harapan hidup, melek huruf, pendidikan, dan standar hidup.

"Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Depok juga alhamdulillah tertinggi ketiga di Jawa Barat, yaitu 81,37, setelah Kota Bandung dan Kota Bekasi," sambungnya.

Nantinya, Pemkot Depok akan gencar mempersiapkan program unggulan, yakni 5.000 pengusaha baru dan 1.000 perempuan pengusaha. Pemkot juga berupaya menyelesaikan ketimpangan antara angkatan kerja dan kebutuhan dunia kerja.

"Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat terkait kurikulum dan program kerja di SMK. Serta Pemkot Depok akan mengembangkan investasi pada tenaga kerja lokal," pungkasnya.
 

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut