get app
inews
Aa Read Next : Panen Kopi di Adinuso, Pj Bupati Batang Cicipi Kopi Wiwitan

Simak Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi, Bisa Membantu Meningkatkan Energi

Senin, 07 Maret 2022 | 05:29 WIB
header img
Ini Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi, Bisa Membantu Meningkatkan Energi

Seduhan kopi yang nikmat dapat dinikmati pada waktu yang tepat, di pagi hari maupun malam menjadi waktu yang candu bagi penikmat kopi, tapi tahukah anda bahwa ada waktu yang tepat untuk minum kopi?

Dirangkum dari laman Indonesia Baik, berikut adalah waktu yang tepat untuk minum kopi yaitu Pukul 09.30 - 11.30 Waktu ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk minum kopi lantaran produksi hormon kortisol rendah. 

Waktu 30 Menit sebelum olahraga 30 Menit sebelum olahraga juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk minum kopi lantaran dapat membantu meningkatkan energi. Sementara itu, sebaiknya hindari minum kopi di saat-saat seperti ini: Pukul 08.00 - 09.00, 12.00 - 13.00, 17.30 - 18.30 lantaran di waktu - waktu tersebut produksi hormon kortisol naik. 

Selain itu, sebaiknya hindari untuk minum kopi berdekatan dengan jam makan. Serta hindari minum kopi empat hingga enam jam sebelum tidur karena efek kafein dalam tubuh bisa bertahan hingga enam jam lamanya.

Hormon kortisol adalah hormon yang dapat mengubah cadangan glukosa menjadi energi. Dikutip dari Inc, ahli saraf Steven L. Miller menyebut bahwa minum kopi saat otak sudah banyak melepaskan banyak kortisol bisa berdampak stres. 

Kopi diyakini bisa mengurangi tingkat stres serta menambah jejaring pertemanan. Selain itu, meminum kopi juga seringkali memberikan inspirasi bagi yang sedang jenuh dengan rutinitas dan membutuhkan inspirasi lebih. 

Dia juga menjelaskan bahwa minum kopi saat tubuh mengeluarkan kortisol berarti melipatgandakan stres. Sehingga, waktu yang tepat untuk minum kopi adalah saat produksi hormon kortisol rendah.  

Dari kebiasaan inilah banyak muncul tradisi-tradisi meminum dan nongkrong di warung kopi di indonesia yang unik dan sayang jika Anda lewatkan.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut