get app
inews
Aa Read Next : Cadangan Devisa Indonesia Turun Jadi USD144,2 Miliar pada April 2023

Tahukah Anda Kebijakan Moneter dalam Suatu Negara? Berikut Penjelasannya

Senin, 04 April 2022 | 08:33 WIB
header img
Apa itu Kebijakan Moneter dalam Suatu Negara (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id - Tahukah Anda tentang kebijakan moneter dalam suatu negara? simak penjelasannya berikut ini.   

Kebijakan moneter merupakan proses mengatur persediaan uang pada sebuah negara guna mencapai tujuan tertentu, misalnya, menahan inflasi atau mencapai pekerja penuh dan sejahtera. 

Dalam praktiknya, kebijakan moneter akan melibatkan pengaturan standar bunga pinjaman dan kapitalisasi untuk bank atau bisa juga bertindak sebagai peminjam usaha dengan persetujuan bersama pemerintah lain.  

Adapun tujuan dari kebijakan moneter yaitu menjaga kestabilan uang suatu negara. Pasalnya persediaan uang negara dapat mempengaruhi beragam aktivitas ekonomi seperti suku bunga bank, inflasi dan sebagainya.   

Undang-Undang No. 23 Tahun 1999 mengenai Kebijakan Moneter Bank Indonesia menyebutkan bahwa penanggung jawab dan pelaksana kebijakan moneter di Indonesia yaitu Bank Indonesia selaku bank sentral di Indonesia. 

 Lebih lanjut, ketika kegiatan perekonomian terganggu, kebijakan moneter dapat dipakai sebagai sarana pemulihan atau tindakan stabilisasi. 

Pertama kali yang akan merasakan kebijakan moneter adalah sektor perbankan dan dilanjutkan pada sektor riil.   Melalui kestabilan moneter dapat dicapainya tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi dengan cara berkesinambungan serta tetap mempertahankan kestabilan harga.

Sementara itu, Bank Sentral atau otoritas moneter setempat sebisa mungkin mengatur antara persediaan uang dengan persediaan barang. Harapannya agar inflasi dapat ditekan, kesempatan kerja penuh dan kelancaran pasokan  atau distribusi barang. 

Kebijakan moneter dilakukan antara lain dengan salah satu namun tidak terbatas pada instrumen sebagai berikut yaitu suku bunga, giro wajib minimum, intervensi di pasar valuta asing dan sebagai tempat terakhir bagi bank-bank untuk meminjam uang apabila mengalami kesulitan likuiditas.

Contoh Kebijakan Moneter di Indonesia Akibat dari kebijakan moneter di Indonesia maka akan banyak sekali aturan yang terselenggara, seperti: Pelaksanaan kredit langsung oleh bank, fasilitas overdraft, program intervensi rupiah dan penerbitan surat utang negara. 

Dalam mewujudkan kebijakan moneter, perlu adanya instrumen. Beberapa instrumen utama itu sebagai berikut: Operasi Pasar Terbuka, Fasilitas Diskonto, imbauan moral dan resiko cadangan wajib. Setelah mengetahui apa itu kebijakan moneter dalam suatu negara, mari kita dukung kebijakan moneter yang ditetapkan oleh pemerintah.
 

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut