get app
inews
Aa Read Next : Fatayat NU Pekalongan Bagikan Ribuan Paket Takjil

Hikmah Ramadhan : Pentingnya Melatih Berpuasa Sejak Dini untuk Membentuk Karakter Taqwa Si Kecil

Minggu, 17 April 2022 | 15:33 WIB
header img
Pentingnya Melatih Berpuasa Sejak Dini untuk Membentuk Karakter Taqwa Si Kecil ( Foto: Freepic)

Kapan saat yang tepat untuk mengajarkan anak-anak tentang ketakwaan? Tentu, setiap orang punya jawaban masing-masing. Tetapi, tahukah Anda, jika semakin dini anak-anak diajarkan tentang ketakwaan akan semakin baik bagi mereka?

Ya, mengajarkan ketakwaan kepada anak memang akan lebih baik dimulai sejak dini, seperti halnya dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Selain mereka akan terbiasa, hal itu juga akan dapat membangun karakter ketakwaan mereka sejak dini.

Kita bisa memulai dengan puasa setengah hari, atau dikenal dengan puasa beduk. Sebab, puasa yang dilakukannya hanya sampai waktu Zuhur.

Dirangkum dari laman nu.or.id, melatih berpuasa sejak dini bagi anak adalah penting, untuk membentuk karakter si kecil. Namun, untuk dapat melakukan itu orangtua perlu lebih bersabar dan telaten. Setahap demi setahap.

1. Membiasakan ketaatan sejak dini

Melatih anak berpuasa sedari dini merupakan salah satu upaya untuk membentuk semangat ketaatan seorang anak kepada Allah Swt. Jika sudah dididik sejak dini, insyaallah akan membentuk karakter takwa pada diri si anak. Hal ini akan menjadi basis keimanan yang kuat untuk bekal menjadi manusia yang saleh dengan disiplin menjalani aturan-aturan syariat di kehidupan selanjutnya ketika sudah baligh (mukallaf).  

2. Melatih mental

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut