get app
inews
Aa Read Next : Panen Kopi di Adinuso, Pj Bupati Batang Cicipi Kopi Wiwitan

Biar Tidak Kembung, Begini Cara Minum Kopi di Bulan Puasa 

Sabtu, 30 April 2022 | 03:04 WIB
header img
Kopi Susu (Foto: Pinterest)

Terlepas dari segala manfaatnya, kopi juga memiliki beberapa efek samping yang tidak baik untuk kesehatan apabila Anda mengonsumsinya dalam waktu yang tidak tepat. Khususnya ketika puasa Ramadan seperti saat ini.

Lantas, bagaimana tips aman mengonsumsi kopi saat menjalankan ibadah puasa? Simak beberapa tips minum kopi saat puasa dikutip dari Okezone

Konsumsi di Waktu yang Tepat

Waktu mengonsumsi kopi di bulan Ramadan menjadi salah satu hal yang harus Anda perhatikan. Hindari mengonsumsi kopi di saat perut Anda dalam keadaan kosong. Anda bisa mengonsumsi kopi satu dua jam setelah berbuka puasa.

Hindari juga mengonsumsi kopi mendekati jam tidur Anda. Sebab, kandungan kafein di dalam kopi dapat membuat Anda mungkin sulit tidur dan mengganggu kualitas tidur Anda saat menjalankan ibadah puasa.

Konsumsi dalam Takaran Kecil

Jika biasanya Anda bisa menghabiskan bercangkir-cangkir kopi dalam sehari, selama bulan Ramadan Anda harus membiasakan untuk mengonsumsi kopi dalam takaran yang lebih sedikit. Misal, Anda biasa minum 3 cangkir kopi dalam sehari, Anda mungkin bisa menguranginya menjadi satu atau dua cangkir kopi sehari.

Memilih Jenis Kopi

Selama mengonsumsi kopi di bulan Ramadan, Anda mungkin bisa mencoba kopi decaf. Kopi decaf merupakan kopi yang sudah dikurangi kadar kafeinnya. Manfaat dari kadar kafein yang rendah ini bisa menjadi alternatif bagi Anda penikmat kopi untuk tetap mengonsumsinya dalam dengan aman.

Membuat Schedule

Agar tetap bisa mengonsumsi kopi di bulan Ramadan, Anda mungkin bisa mulai membuat jadwal minum kopi yang lebih ketat. Misal, Anda bisa membuat jadwal minum kopi per dua hari sekali untuk melatih tubuh Anda mengurangi kebutuhan kafein.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut