get app
inews
Aa Read Next : Pilkada 2024, KPU Kota Pekalongan Tetapkan 232.247 Pemilih sementara

Salat Id di Lapangan Mataram Disambut Antusias Warga Kota Pekalongan

Senin, 02 Mei 2022 | 08:00 WIB
header img
Walikota beserta keluarga didampingi Wakil Walikota Pekalongan mengikuti salat Idulfitri di Lapangan Mataram, Kota Pekalongan (Senin, 2/5/2022).

PEKALONGAN, iNews – Antusiasme warga Kota Pekalongan untuk mengikuti salat Idulfitri tampak membuncah pagi tadi (Senin, 2/5/2022). Ribuan warga tampak berbondong-bondong menghadiri dan memenuhi Lapangan Mataram untuk mengikuti salat Idulfitri yang diselenggarakan Pemerintah Kota Pekalongan. Tampak hadir di antara jemaah salat Idulfitri, Walikota Pekalongan Ahmad Afzan Arslan Djunaid beserta keluarga, Wakil Walikota Pekalongan, Salahudin, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Pekalongan beserta Forkopimda.

Bertindak sebagai imam, Ustaz Hanafi Al Hafidz, pengasuh rumah Tahfidz Bahtera Kota Pekalongan dengan khotib K.H. Much Fachrudin, pengasuh pondok pesantren salaf KH Ahmad Munir Ibrohim Kota Pekalongan.

Walikota dan Wakil Walikota tampak berada di saf terdepan, didampingi sejumlah kepala OPD yang turut hadir dalam agenda tersebut. Usai melaksanakan salat, Walikota Aaf memperlihatkan rasa gembiranya karena momentum salat Idulfitri kali ini benar-benar disambut antusias oleh warga. Terlebih, setelah dua tahun sebelumnya, pelaksanaan salat Idulfitri di Lapangan Mataram sempat terkendala oleh pandemi.

Meski begitu, ia tetap mengimbau, agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. "Alhamdulillah setelah dua tahun kemarin kita tidak shalat Ied di lapangan seperti ini tetapi Alhamdulillah tahun ini sudah boleh, tetapi harus menerapkan protokol kesehatan, minimal pakai masker dan cuci tangan," kata Aaf.

Aaf menuturkan harapannya, agar momen lebaran kali ini dapat menjadi semangat baru bagi warga Pekalongan dalam melaksanakan aktivitas sehari-harinya. "Alhamdulillah saya lihat, antusias warga sangat luar untuk sholat Ied di lapangan maupun masjid dan mushola, mudah-mudahan ini membawa semangat baru kita, Idulfitri ini semoga nanti aktifitas baik perkantoran maupun aktivitas sehari-hari ini kita lebih semangat lagi," sambung Aaf.

Lebih lanjut, tahun ini Aaf memperbolehkan warga untuk melaksanakan halal bi halal, namun ia menghimbau dan memberikan dua pesan yang diharapkan dapat dipatuhi oleh seluruh warga Kota Pekalongan, yakni tidak menerangkan balon liar dan menyalakan petasan karena beresiko membahayakan diri sendiri maupun orang lain. 

"Semua sudah boleh dilakukan baik halal bi halal dan sebagainya, pesan yg utama ada 2 hal yakni tidak diboleh menerangkan balon liar dan petasan, tolong jangan dilakukan di samping membahayakan keselamatan untuk warga yang lain,"pungkasnya.

Editor : Ribut Achwandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut