get app
inews
Aa Read Next : Berkah Ramadan, Raja Salman Kirim 100 Ton Kurma Premium dan Al Quran untuk Indonesia

Sejarah Ditemukannya Minyak Terbesar di Dunia yang Membuat Arab Saudi Kaya Raya

Senin, 06 Juni 2022 | 10:36 WIB
header img
Sejarah Ditemukannya Minyak Terbesar di Dunia yang Membuat Arab Saudi Kaya Raya (Foto: Okezone)

RIYADH - Tonggak sejarah temuan minyak terbesar dunia di Arab Saudi mampu mengubah kehidupan kerajaan menjadi negara yang kaya raya.

Tanggal 3 Maret 1938 menjadi hari bersejarah bagi Kerajaan Arab Saudi karena pada hari itulah sumber minyak bumi ditemukan di sana untuk pertama kalinya. Sebelum tahun 1938, Arab Saudi dikenal terutama karena dua hal; gurunnya yang luas dan sebagai rumah bagi dua tempat paling suci umat Islam.

Sumber minyak bumi yang layak secara komersial ditemukan di Dhahran tahun 1938 oleh sebuah perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serikat (AS). Sumber itu ditemukan setelah empat tahun mencari, yang pada akhirnya benar-benar mengubah geopolitik dan pengaruh global serta ekonomi Kerajaan Arab Saudi. Hebatnya, menurut CNN, itu dinobatkan sebagai sumber minyak terbesar di dunia.

Temuan tersebut, 30 tahun setelah para penambang menemukan minyak dalam jumlah komersial di Iran dan sembilan tahun setelah ditemukan di Irak, telah menjadikan Arab Saudi salah satu kekuatan ekonomi terkaya dan paling signifikan di dunia. Sejak itu, anggota keluarga kerajaan, setelah memberikan hak prospek kepada Standard Oil Company of California pada awal 1930an menjadi sangat terlibat dalam industri perminyakan.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut