get app
inews
Aa Read Next : Berkah Ramadan, Raja Salman Kirim 100 Ton Kurma Premium dan Al Quran untuk Indonesia

Sejarah Ditemukannya Minyak Terbesar di Dunia yang Membuat Arab Saudi Kaya Raya

Senin, 06 Juni 2022 | 10:36 WIB
header img
Sejarah Ditemukannya Minyak Terbesar di Dunia yang Membuat Arab Saudi Kaya Raya (Foto: Okezone)

Pada tahun 1980, keluarga kerajaan akhirnya mengambil alih perusahaan, berganti nama menjadi Arabian American Oil Company atau Aramco, pada tahun 1944. Menurut pemerintah Arab Saudi, produksi minyak mentah meningkat rata-rata 19 persen per tahun dari 1945 hingga 1974, mencapai 8,2 juta barel per hari pada tahun itu.

Pada awal 1990-an, para penambang menemukan sumber gas dan minyak di daerah yang sebelumnya belum dijelajahi, memastikan peran Arab Saudi sebagai pemain minyak utama di masa mendatang.

Tahun lalu, Kedutaan Besar Arab Saudi di London mengatakan negara Timur Tengah itu memiliki cadangan minyak 260,1 miliar barel. Sumber daya minyak yang luas di kawasan itu telah membuat dunia duduk dan memperhatikan.

Terlepas dari kekhawatiran tentang pelanggaran hak-hak sipil di Arab Saudi, Washington telah mempertahankan hubungan dekat dengan negara tersebut. Beberapa ahli mengeklaim kelimpahan minyak ini berperan dalam keputusan Amerika Serikat dan sekutunya untuk mengobarkan Perang Teluk Persia 1991 dan menantang pemimpin Irak Saddam Hussein di tahun-tahun berikutnya.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut