get app
inews
Aa Read Next : Jelang Idhul Adha, Puluhan Kambing Ikut Kontes

Waspada Minggu ini Pantura Berpotensi Diterjang Banjir Rob 

Senin, 13 Juni 2022 | 10:45 WIB
header img
Waspada Minggu ini Pantura Berpotensi Diterjang Banjir Rob (Foto: Instagram)

BANDUNG - Waspada Minggu ini Pantai Utara (Pantura) berpotensi di terjang banjir  Rob diperkirakan pada rentang 13-16 Juni 2022. Pada periode tersebut, kondisi pasang air laut diprediksi akan cukup tinggi.

Pada periode itu, jika dibandingkan dengan waktu lainnya untuk tahun 2022, kondisi di pekan ini  adalah kondisi yang diprediksikan tertinggi di tahun ini.

Melihat kondisi Pantura yang terus turun tanahnya, di satu sisi ada pasang tinggi dari air laut, yang dimungkinkan ditambah gelombang tinggi, maka tanggal 13-16 Juni 2022 adalah kondisi waspada banjir rob.

"Hal yang paling ditakutkan adalah terjadinya kembali tanggul yang jebol, sehingga kejadian banjir rob di tanggal 23 Mei 2022 akan terulang dan bahkan lebih buruk, " kata Kepala Lembaga Riset Kebencanaan IA-ITB Heri Andreas dalam keterangan resminya, Minggu (12/6/2022).

Menurut Heri, melihat potensi banjir rob akan sangat rawan dan harus diwaspadai hampir di sebagian besar wilayah pesisir Pantura. Menurut data-data hasil penelitian, banjir rob kemungkinan besar akan terjadi di puluhan wilayah.

Di antaranya, mulai dari Pesisir Tanggerang, Pesisir Jakarta seperti Kamal Muara, Tanjungan, Muara Angke, Muara Baru, Sunda Kelapa, Ancol dan Marunda, Pesisir Muara Gembong, Pondok Bali Pamanukan, dan Pesisir Indramayu, Cirebon.

Lalu, sebagian pesisir Tegal dan Brebes, sebagian besar pesisir Pekalongan seperti wilayah Pasirsari, Tirto, Kandang Panjang, Panjang Wetan dan Panjang Baru, dan sebagian besar pesisir Semarang seperti wilayah Bandarharjo, Tambaklorok, Tambakrejo, Kemijen dan Gayamsari.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut