get app
inews
Aa Read Next : DLH Tumbuhkan Peduli Lingkungan Anak Dengan Program Sirami

Diprediksi, Banjir Rob Masih akan Terjadi Hingga Akhir Juni

Minggu, 18 Juni 2023 | 09:32 WIB
header img
Rob menggenangi Krematorium Kota Pekalongan setelah tanggung penahan laut jebol.

PEKALONGAN, iNewsPantura.id - Berdasarkan informasi dari BMKG, banjir rob atau air laut pasang masih terjadi di Kota Pekalongan hingga akhir Juni 2023. Karena itu masyarakat harus waspada jika sewaktu-waktu terjadi banjir rob.

Demikian Kalakhar BPBD Kota Pekalongan, Aprilyanto Dwi Purnomo saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (16/6/2023).

Menurut  April, sapaan akrabnya, bahwa untuk situasi iklim ataupun cuaca hingga saat ini terkait naiknya permukaan air laut (rob)  memang masih terus berlangsung dan intensitas hujan ringan kadangkala bisa terjadi imbas dari wilayah pantura sisi Selatan. Dia mengatakan, informasi yang diterima dari BMKG setiap harinya memang valid dan masyarakat khususnya yang tinggal di pesisir diminta untuk selalu memantau informasi terkait kenaikan air rob tersebut.

"Sampai saat ini, BPBD telah berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait mengenai  kesiapsiagaan bencana barangkali terjadi bencana yang tidak diinginkan," ucapnya.

April menjelaskan, beberapa hari lalu beberapa titik tanggul penahan air laut atau tanggul rob ada yang jebol khususnya tanggul yang berada di dekat Krematorium. Kendati demikian, jebolnya tanggul itu sudah diatasi dengan upaya rehabilitasi darurat berkoordinasi dengan DPUPR setempat.

Untuk wilayah-wilayah yang saat ini masih tergenang rob, kata dia, antara lain Kelurahan Bandengan, Pabean, Panjang Wetan, Degayu, dan Clumprit.

"Kami masih menunggu kondisi air rob surut sehingga pompa-ponpa yang ada bisa bekerja maksimal menyedot genangan,’’ katanya.

Menurut dia, ada beberapa titik dari Kabupaten Pekalongan yaitu Jeruksari yang menjadi air masuk ke kota, tetapi Satgas kami selalu memonitor untuk kondisi pasang surut air laut maupun kondisi sungai yang ada di sekitarnya. Untuk pompa mobile yang diperbantukan dari BNPB pun sudah difungsikan untuk membantu mempercepat penyedotan genangan di lingkungan masyarakat," tegasnya.

April menjelaskan, debit air sungai yang ada di Kota Pekalongan baik Sungai Bremi, Sungai Meduri, maupun Sungai Kupang masih  dalam batas aman, dan tidak ada kejadian rumah roboh dan masyarakat yang mengungsi dalam kejadian bencana rob kali ini.

" Masyarakat masih bisa beraktivitas yang terganggu fasilitas umum yaitu akses jalannya yang tergenang, dengan rata-rata ketinggian air 10-50 sentimeter, sehingga cukup menghambat aktivitas warga. Rob ini sifatnya temporary di jam-jam tertentu naik dan di jam sekian surut kembali. Di daerah rendah surutnya memang agak lama.,"tandasnya.***

Editor : Trias Purwadi

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut