Miliki Banyak Keutamaan, ini Surat yang Dibaca saat Tahun Baru Islam 1444 H

Nanang Sulaeman
Keutamaan Surat Yasin Dibaca saat Tahun Baru Islam 1444 H (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Umat Islam tak lama lagi akan meninggalkan bulan Dzulhijjah 1443 H dan menyambut bulan Muharram 1444 H, salah satu bulan yang sangat dimuliakan. Bacaan surat yang dibaca saat Tahun Baru Islam penting untuk diketahui dan diamalkan. 

Tahun Baru Islam 2022 akan akan dirayakan mulai tanggal 1 Muharram 1444 Hijriah yang bertepatan dengan hari Sabtu, 30 Juli 2022. Bulan Muharram adalah salah satu bulan yang istimewa dalam Islam.

Maka dari itu, dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan baik di bulan pembuka tahun Hijriah tersebut. Selain menjalankan puasa, memperbanyak baca Al Quran juga menjadi amalan baik yang dapat dilakukan. Lantas, surat apa yang cocok dibaca ketika merayakan Tahun Baru Islam?

Surat yang Dibaca saat Tahun Baru Islam 1444 H

Seperti yang disampaikan Ketua Pengurus Cabang Jam'iyyatul Qurra' wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQH NU), Depok, Ustaz Imam Nafi' Junaidi saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu silam, bulan Muharram memiliki banyak sekali keutamaan.

Salah satu bacaan Al Quran yang baik dibaca ketika bulan Muharram dan bulan-bulan lain adalah Surah Yasin. Pahala membaca Alquran satu huruf sama dengan 10 kebaikan. 

Terlebih, Muharram merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.  

"Maka membaca Yasin di bulan ini (Muharram) menjadi mulia juga," Ustaz Imam Nafi' Junaidi dilansir iNews.id dari Okezone, Selasa (26/7/2022).

Keutamaan dari mengamalkan Surah Yasin sebagaimana yang dijelaskan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam,

قَالَ رَسُوْلُ الله ـ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَنْ قَرَأَ يٰسۤ فَيْ لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مَغْفُوْرًا لَهٗ

Artinya: "Bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: Barangsiapa membaca Yasin pada malam harinya, maka paginya dia diampuni dosanya," (HR. Abu Ya’la).

Karena bulan Muharram adalah bulan mulia, maka pahala membaca Yasin di Tahun Baru Islam juga semakin besar. Keistimewaan bulan Muharram sebagai bulan pertama dalam Tahun Baru Islam telah disebutkan dalam firman Allah SWT di Al Quran surat At Taubah ayat 36:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Latin: inna 'iddatasy-syuhụri 'indallāhiṡnā 'asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa min-hā arba'atun ḥurum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā taẓlimụ fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatang kamā yuqātilụnakum kāffah, wa'lamū annallāha ma'al-muttaqīn

Artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa". (Q.S. at-Taubah/ 9: 36).
Wallahualam bisawab

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network