Waspada! Ini 7 Tanda Lowongan Kerja Palsu di Situs Pencari Kerja

Hadi Widodo
Ilustrasi (Foto: Dok.iNews.id)

JAKARTA - Di era digital seperti saat ini kehadiran internet membuat proses mencari lowongan kerja menjadi lebih cepat dan efektif namun, terdapat 7 tanda lowongan kerja palsu di situs pencari kerja yang harus diwaspadai.

Seiring dengan adanya kemudahan tersebut, seringkali dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab hingga modus penipuan dengan berbagai cara.

Kini, fresh graduate atau pencari pekerja tak lagi menghabiskan waktu dan tenaga untuk membuat lamaran dan mengirimkannya ke perusahaan. Sebab, telah ada situs pencari kerja yang membantu mempermudah para pencari kerja.

Umumnya, di situs ini para pencari hanya perlu memasukkan data diri, surat lamaran atau portofolio. Dengan begitu, tak perlu repot-repot mengirim berkas ke perusahaan yang dituju.

Akan tetapi, tak sedikit para pencari kerja yang menjadi korban lowongan kerja palsu di situs pencarian kerja. Untuk mengantisipasinya perlu memperhatikan secara seksama tanda lowongan kerja yang ada.

Berikut 7 tanda lowongan kerja palsu di situs pencari kerja yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Belum apa-apa sudah minta bayaran

Salah satu hal yang wajib diketahui saat melamar pekerjaan adalah perusahaan mana pun tidak akan pernah meminta bayaran untuk proses rekrutmen.

2. Langsung diterima tanpa wawancara

Jangan pernah terkecoh dengan buaian seperti ini, karena pastinya tidak ada perusahaan yang mau menerima kandidat baru tanpa proses wawancara kerja. Deskripsi pekerjaan tidak jelas atau detail

Deskripsi pekerjaan yang jelas ditunjukkan agar pelamar dapat benar-benar mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis dan tanggung jawab kerja yang ingin dilamar.

Editor : Hadi Widodo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network