10 Keistimewaan Bulan Muharram, Bulan Pembuka dalam Kalender Hijriyah

Fatimatus Zahro
10 Keistimewaan Bulan Muharram, Bulan Pembuka dalam Kalender Hijriyah (Foto: Ist)

9. Lebaran Anak Yatim

Keutamaan Bulan Muharram lainnya yakni lebarannya anak yatim. Hal ini tidak lepas dari tradisi di sebagian masyarakat Muslim dalam setiap memeringati Bulan Muharram dengan menggelar pengajian disertai santunan terhadap anak yatim. 

Tradisi ini muncul karena memang banyak hadits-hadits yang dikenal oleh orang kebanyakan perihal fadhilah menyantuni anak yatim di tanggal 10 Muharram.

Di antara hadits tersebut sebagai berikut:

“Siapa orang yang menyusap kepala anak yatim (menyantuni/menyayangi) pada hari Asyura (10 Muharram), maka Allah akan angkat derajatnya sebanyak rambut anak yatim tersebut yang terusap oleh tangannya” (hadits ke 212 dari kitab Tanbih alGhafilin)

10. Bulan Ibadah

Bulan Muharram juga bisa disebut dengan bulan ibadah karena di bulan ini dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan ibadah, seperti meluaskan sedekah dan memperbanyak puasa. Disunnahkan untuk memperbanyak puasa seperti Puasa Muharram, Puasa Tasua dan Puasa Asyura.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan banyak sekali keutamaan Bulan Muharram yang sangat sayang dilewatkan jika tidak untuk memperbanyak amalan saleh.

Wallahu A'lam

Editor : Hadi Widodo

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network