Aneh dan Langka! Fosil Jantung Tertua Di Dunia Ditemukan Bersama Ikan Berusia 380 Juta Tahun

hadi widodo
Aneh dan Langka! Fosil Jantung Tertua Di Dunia Ditemukan Bersama Ikan Berusia 380 Juta Tahun (Foto: Sindonews)

Aneh dan Langka! Fosil Jantung Tertua Di Dunia Ditemukan Bersama Ikan Berusia 380 Juta Tahun

CANBERRA, iNewsPantura.id - Aneh, terungkap fenomena alam langka, dimana seorang Ilmuwan Australia menemukan fosil jantung tertua yang terawetkan bersama fosil ikan berusia 380 juta tahun. Meskipun pada umumnya jaringan lunak biasanya tidak memfosil dengan baik layaknya struktur tulang. 

Fosil itu milik spesies arthrodire, sekelompok ikan lapis baja yang menguasai lautan selama periode Devon antara sekitar 420 dan 360 juta tahun yang lalu. Ini adalah vertebrata pertama yang mengembangkan bentuk rahang dengan baik, tetapi jalur evolusi organ sulit untuk dilacak. Ditemukan di Formasi Gogo, sisa-sisa sistem terumbu purba di barat laut Australia, fosil tersebut mengawetkan organ jantung, perut, usus, dan hati ikan purba. Lebih baik lagi, mereka dipertahankan dalam posisi aslinya dalam tiga dimensi, tidak rata akibat terhimpit batu berat selama jutaan tahun. 

Spesimen masih terbungkus batu kapur, sehingga para ilmuwan menggunakan sinar neutron dan sinar-X sinkrotron untuk memotretnya. Dari sini tim dapat melihat bentuk dan struktur organ dengan presisi yang belum pernah terjadi sebelumnya, mengungkapkan anatomi yang sangat canggih serta usianya. 

Ini juga memungkinkan tim untuk membangun model 3D pertama dari jantung arthrodire, yang terdiri dari bentuk S dengan dua ruang yang ditumpuk di atas satu sama lain. 

Editor : Hadi Widodo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network