Waspada Efek Samping Sering Makan Gorengan saat Buka Puasa

Nanang Sulaeman
Waspada Efek Samping Sering Makan Gorengan saat Buka Puasa (Foto: Freepic)

Beberapa penelitian pada orang dewasa menemukan hubungan antara makan gorengan dan risiko penyakit kronis. Umumnya, makan banyak gorengan terkait dengan risiko lebih besar terkena penyakit mulai dari diabetes tipe 2, jantung hingga obesitas karena gorengan mengandung lemak trans tinggi, yang berhubungan dengan peningkatan risiko banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, diabetes, dan obesitas.

Dikutip dari Webmd, Leah Cahill, PhD, asisten profesor di Universitas Dalhousie menyebutkan, risiko ini muncul karena proses penggorengan itu sendiri. "Makanan yang digoreng bisa mempengaruhi risiko penyakit, obesitas, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Proses menggoreng mengubah kualitas dan meningkatkan kandungan kalori makanan,” ujar Leah.

2. Memicu penyakit jantung

Dua studi penelitian menunjukkan kalau semakin sering orang mengonsumsi gorengan, semakin besar juga risiko terkena penyakit jantung. Sebab, mengonsumsi makanan yang digoreng bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, rendahnya kolesterol baik (HDL), hingga obesitas yang mana ini semua faktor pemicu seseorang terkena penyakit jantung.

3. Obesitas

Editor : Hadi Widodo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network