Sering diucapkan saat Lebaran ini Arti dan makna minal aidin wal faizin 

Nanang Sulaeman
salaman lebaran arti dan makna minal aidin wal faizin

 

Sering diucapkan saat Lebaran ini Arti dan makna minal aidin wal faizin,  masih dari kita yang belum tahu  makna kalimat tersebut padahal   sering kali diucapkan saat perayaan hari raya Idul Fitri atau lebaran 

Biar faham  berikut keterangan nya


Melansir buku 'Lentera Al-Quran' karya Quraish Shihab, arti dan makna minal aidin wal faizin adalah (semoga kita) termasuk orang-orang yang kembali. Adapun, maksud kembali adalah kembali pada fitrah, yakni kesucian atau agama yang benar.

 

Hal itu berasal dari kata minal aidin yang artinya semoga kita. Kemudian, al-faizin yang diambil dari kata 'fawz' yang artinya keberuntungan.

 

Sehingga, ucapan minal aidin wal faizin memiliki makna setelah mengasah jiwa dengan berpuasa selama satu bulan, setiap Muslim dapat kembali ke asal kejadian dan menemukan 'jati diri', yaitu kembali suci sesuai ajaran agama yang benar.

Selain itu, banyak yang salah kaprah mengenai arti dan makna minal aidin wal faizin sebagai ucapan selamat Lebaran. Padahal, dari penjelasan di atas diketahui bahwa artinya adalah harapan serta doa kembali ke fitrah.

 

Kapan Mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin

 

Ucapan minal aidin wal faizin ramadhan biasanya diucapkan saat Lebaran di momen maaf-maafan. Kalimat tersebut diucapkan sebagai harapan dan doa agar termasuk orang-orang yang memperoleh ampunan dan ridha dari Allah SWT.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network