get app
inews
Aa Read Next : Alasan Keamanan, Laga PSIS vs Persebaya dan Persita vs Persija Ditunda!

Imbas Bobotoh Meninggal di Stadion GBLA, Piala Presiden 2022 Disarankan Tanpa Penonton

Minggu, 19 Juni 2022 | 05:58 WIB
header img
Imbas Bobotoh Meninggal di Stadion GBLA, Piala Presiden 2022 Disarankan Tanpa Penonton (Foto: sportstars)

BANDUNG - Diketahui sebelumnya dua suporter tersebut berasal dari Bogor dan Cibaduyut. Kedua korban tersebut bernama Sopiana Yusup (Bogor) dan Ahmad Solihin (Cibaduyut).

Panitia pelaksana pertandingan Piala Presiden 2022 antara Persib Bandung vs Persebaya Surabaya terancam jeratan hukum. Hal itu beriringan dengan peristiwa meninggalnya dua suporter Persib Bandung, Bobotoh.

Adapun insiden itu terjadi di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Jumat (16/6/2022) malam. Dalam video yang diretweet oleh Pengamat Hukum dan Olahraga, Eko Maung, melalui akun Twitternya, terlihat suasana stadion sangat dipadati oleh penonton.

Kehadiran penonton juga diduga meledak dan melebihi dari kapasitas yang ditentukan oleh PSSI untuk Piala Presiden 2022 yakni 75 persen saja. Flare pun terlihat menghiasi hampir seluruh GBLA pada malam itu.

Menurut Eko, panitia pelaksana bisa terkena kasus KUHP pasal kelalaian yang menyebabkan kehilangan nyawa. Jeratan itu diambil dari contoh kejadian yang pernah terjadi dalam tragedi konser musik di Gedung Majestik Braga pada 2019 lalu yang menyebabkan hingga 11 orang meninggal dunia.

Karena insiden ini, untuk pertandingan-pertandingan Piala Presiden 2022 selanjutnya disarankan oleh Eko Maung agar digelar secara tertutup alias tanpa penonton. Menurutnya, panitia masih belum siap untuk menyelenggarakan kompetisi dengan penonton.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut